HETANEWS

SBY Langsung Protes Pernyataan Prabowo yang Beberkan Sikap Politik Ani Yudhoyono di Pilpres

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di kediaman Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). Kedatangan Prabowo bertujuan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono.

Jakarta, hetanews.com - Calon presiden 02 Prabowo Subianto mengungkapkan sikap politik almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pilpres.

Sikap politik Ani diungkapkan Prabowo saat melayat ke kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas untuk menyampaikan belasungkawa, Senin (3/6/2019) sore.

Namun, pernyataan Prabowo langsung mendapat protes dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY menilai pernyataan Prabowo soal sikap politik Ani Yudhyono tidak elok.

Menurut SBY, statement Prabowo Subianto terkait sikap politik Ibu Ani tidak elok dan tidak etis di tengah suasana duka saat ini.

Sikap politik Ani Yudhoyono diungkapkan Prabowo sebelum meninggalkan kediaman SBY di Puri Cikeas. Awalnya, Prabowo Subianto menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa melayat Ani Yudhoyono.

"Saya menyampaikan permohonan maaf saya karena saya masih dalam perjalanan dari Eropa, saya sendiri juga melaksanakan chek up kesehatan ada masalah cedera saya dulu manifest setelah kampanye keras," kata Prabowo Subianto.

Prabowo mengungkapkan niatnya untuk kembali menjenguk Ani Yudhoyono di National University Hospital Singapura beberapa waktu lalu

Namun, rencana tersebut ditunda karena Prabowo Subianto mendapat kabar kondisi Ani Yudhoyono mulai membaik

"Jadi saya minta maaf, walaupun sempat nengok beliau tapi saya ada niat kembali, waktu itu saya mendengar kondisi ibu Ani membaik jadi saya menunda, ternyata terlambat," kata Prabowo Subianto

Prabowo Subianto menilai Ani Yudhoyono sebagai tokoh yang hebat. Mantan Danjen Kopassus itu pun akan memberi dukungan untuk SBY yang telah ditinggal Ani Yudhoyono

"Saya kira demikian Ibu Ani seorang tokoh saya kenal sudah lama, istri prajurit yang hebat jadi saya bisa merasakan pasti Pak SBY merasa kehilangan kita sekarang memberi dukungan moril sebagai pribadi, gak ada urusan politik, saya merasa sebagai sahabat dan beliau sebagai senior, " kata Prabowo Subianto

Prabowo lantas ditanya mengenai kenangan bersama Ani Yudhoyono. Prabowo mengaku sudah mengenal Ani Yudhoyono sejak lama, termasuk dengan keluarganya.

"Ya saya kira banyak ya karena saya kenal keluarga Pak Sarwo (ayanh Ani Yudhoyono) dari dulu, sejak masih remaja. Saya kira beliau (Ani) istri yang sangat mendukung suaminya," kata Prabowo Subianto.

Capres 02 itu juga mengenal Ani Yudhoyono sebagai sosok yang cerdas dan sangat loyal.

"Dan sangat cerdas sangat loyal, saya kira demikian. Saya juga diberitahu ibu Ani mendukung saya, memilih saya 2014 dan 2019 milih saya, saya merasa saya dapat merasakan pak SBY saat ini," kata Prabowo Subianto

Soal pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut Ani Yudhoyono memilihnya pada dua Pemilu, SBY merasa keberatan.

"Satu saja teman-teman, statement Pak Prabowo yang kaitannya dengan politik ya tentang Ibu Ani, please tidak disampaikan," kata SBY soal pernyataan Prabowo Subianto.

SBY meminta suasana yang kini masih dirundung duka tidak dikait-kaitkan dengan politik SBY menilai pernyataan Prabowo Subianto soal pilihan politik Ani Yudhoyono sangat tidak elok.

"Ini hari yang penuh ujian bagi saya, Ibu Ani jangan dikaitkan dengan politik, please saya mohon statement pak Prabowo milih apa-milih apa itu tidak elok untuk disampaikan. Saya mohon itu saja, tolong mengerti perasaan kami yang berduka. Ibu Ani yang baru saja berpulang, beliau tidak ingin dikaitkan dengan politik apa pun," kata SBY soal pernyataan Prabowo Subianto terkait sikap politik Ani Yudhoyono.

Almarhumah Ani Yudhoyono tutup usia setelah berjuang melawan kanker darah di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu pukul 11.50 waktu setempat.

Ibu Ani dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019. Jenazah Ani Yudhoyono kemudian dimakamkan di Blok M 129, TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer dan langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Mantan Presiden RI, BJ Habibie hingga Megawati Soekarnoputri tampak hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Dilihat di tayangan siaran langsung Kompas TV, BJ Habibie saat prosesi pemakaman terlihat duduk persis di sebelah SBY. Tersorot kamera, beberapa kali BJ Habibie berbicara dengan SBY.

Sementara Megawati Soekarnoputri duduk tak jauh dari SBY. Ia duduk di deretan kursi yang sama dengan SBY, hanya terhalangi oleh Iriana Jokowi.

Megawati tampak mengenakan blus berwarna hitam. Ia datang ditemani putrinya, Puan Maharani. Dalam acara pemakaman tersebut, SBY menyalami sejumlah pejabat yang hadir, termasuk Megawati Soekarnoputri.

Adapun Prabowo Subianto baru bisa melayat ke kediaman almarhumah Ani Yudhoyono pada Senin (3/6/2019) sekira pukul 16.00 WIB. Hal itu dikarenakan Prabowo baru tiba di Indonesia pada hari ini, setelah bepergian ke luar negeri untuk pemeriksaan kesehatan.

sumber: detik.com

Editor: sella.