HETANEWS

Pengelola Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2019

Direktur Operasional Ruas Tol MKTT, Agus Cholid saat memantau CCTV dari ruang MATRIC, Sabtu (1/6/2019). (M Andimaz Kahfi)

Medan, hetanews.com - Pengelola Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) siap menghadapi arus mudik Lebaran 2019.

Direktur Operasional Ruas Tol MKTT, Agus Cholid mengatakan tol Medan-Tebing Tinggi yang memiliki panjang 62 kilometer dan telah di pasang CCTV sebanyak 159 kamera untuk memantau kelancaran arus lalu lintas.

"Sebanyak 159 kamera itu dipasang disetiap titik. Dimana, jaraknya dari satu titik ke titik yang lainnya berjarak 500 meter," kata Cholid, Sabtu (1/6/2019).

Cholid menambahkan bahwa nantinya CCTV tersebut akan terhubung ke satu monitor yang disebut MATRIC (Monotoring Active Traffic Information Center). Di tempat ini, petugas akan memantau volume kendaraan di berbagai titik.

"Dari situ kami mengetahui mana yang nantinya padat volume kendaraan dan yang tidak. Selain itu juga kami siapkan petugas di titik-titik yang rawan kepadatan kendaraan," urai Cholid.

Cholid menjelaskan untuk melancarkan proses pembayaran pada pintu tol, pihaknya akan menyediakan mobile reader. Alat ini dioperasikan dengan harapan antrian-antrian panjang tidak terjadi lagi di pintu tol untuk transaksi.

"Kami sudah menyiapkan mobile readerbila terjadi antrian panjang," jelas Cholid.

Data yang diperoleh menyebutkan kenaikan volume kendaraan menggunakan ruas tol MKTT terus terjadi. Peningkatan terjadi sejak H-10.

Hari ini volume kendaraan yang menggunakan ruas tol MKTT sudah mencapai 32 ribu dan diprediksi terus naik hingga masa puncak arus mudik. 

sumber: Medan.tribunnew.com

Editor: sella.