HETANEWS

Plt Bupati Asahan Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila, 5 PNS Pensiun Terima Bantuan

Plt. Bupati Asahan saat membacakan pidato tertulis Plt. Kepala BPIP RI, Hariyono di halaman kantor Bupati Asahan, Jalan Sudirman, Kisaran, pada Sabtu (1/6/2019).

Asahan, hetanews.com - Pemkab Asahan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni, di halaman kantor Bupati Asahan, Jalan Sudirman, Kisaran, pada Sabtu (1/6/2019).

Plt. Bupati Asahan, H Surya B. Sc yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) saat membacakan pidato tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono mengatakan, Pancasila sebagai dasar Negara, idiologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang Maha Esa.

Masih kata Surya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus diperjuangkan serta diperlukan kesadaran dan pemahaman agar saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada.

"Kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa yang beragam dapat bersatu," ungkap Surya.

Lebih lanjut, Surya mengatakan, kelahiran Pancasila tidak dapat terpisahkan dari piagam Jakarta oleh panitia kecil yang dibentuk pada tanggal 22 Juni 1945 dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 yang di sahkan melalui sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

"Melalui Hari Kelahiran Pancasila, perlu dijadikan inspirasi 'Politik Harapan' dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Harus terus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat memajukan seluruh bangsa Indonesia," tambah Surya.

Diakhir pidatonya, Plt Bupati Asahan meminta kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Asahan untuk bersatu membangun bangsa, meralisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Asahan menyerahkan bantuan dan penalih kasih kepada 5 PNS/ASN yang memasuki masa pensiun, yakni Drs Isa Harahap (Sat Pol PP Asahan), Paimin (Disdukcapil), Safrida Wahyuni (Sekretariat Daerah), Alimah (UPT Disdik Kisaran Barat), dan Nurainun (UPT Disdik Kisaran Timur).

Turut hadir dalam upacara tersebut, Sekda, Taufik Zainal Abidin Siregar, Dandim 0208/As, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, Danlanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno, Danyon 126/KC, Letkol Inf Mulyo Junaedi, mewakili Kajari Asahan, mewakili Ketua PN Kisaran, para Asisten, para Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan ratusan ASN.

Penulis: rendi. Editor: gun.