HETANEWS

Selamat Jalan Ani Yudhoyono, Namamu Lestari Bersama Kupu-kupu Papua

Ani Yudhoyono (Foto: Instagram Agus Yudhoyono)

Jakarta, hetanews.com  - Ani Yudhoyono berpulang ke Rahmatullah, Sabtu (1/6). Namun kenangan tentangnya akan tetap lestari bersama kupu-kupu dari Pegunungan Foya, Papua.

Kristiani Herrawati adalah putri Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, sosok militer Indonesia yang terkenal lewat kiprahnya sebagai Komandan RPKAD.

Ani lahir di Yogyakarta pada 6 Juli 1952. Ani Yudhoyono tumbuh menjadi gadis tomboi, sebagaimana diakuinya sendiri dalam buku 'Ani Yudhoyono: Kepak Sayap Putri Prajurit' karya Alberthiene Endah, halaman 70.

Ani menempuh pendidikan dengan berpindah-pindah seturut lokasi dinas sang ayahanda yang dia panggil 'Papi'. Ani bersekolah di SMP Immanuel Medan, Sumatera Utara; SMAN 24 Jakarta; Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta; dan Ilmu Politik Universitas Terbuka.

Ani Yudhoyono punya hobi fotografi, keahlian yang dia pelajari secara otodidak. Sebagaimana diberitakan detikcom, 28 Oktober 2011, ketertarikannya pada dunia fotografi berawal sejak kecil.

"Saya mulai tertarik dengan fotografi sejak remaja ketika menyaksikan ayahanda tercinta sering membuat foto keluarga," tutur Ani saat itu, yakni saat peluncuran buku hasil karya bidikannya beserta pameran fotonya di Galeri Nasional, Jakarta Pusat.

Sosok Ani yang senantiasa bersemangat itu kini telah tiada. Namun semangatnya akan tetap lestari selama alam di Papua juga tetap terjaga. Di Pegunungan Foya, Mamberamo Raya, ada kupu-kupu yang diberi nama sama dengan nama Ani.

Sebagaimana diberitakan detikcom, 13 November 2007, nama ilmiah kupu-kupu cantik itu adalah Delias kristianiae. Kupu-kupu besar itu berwarna dominan coklat dan hitam, di kedua sayapnya terdapat semburat warna kuning dan putih.

Dilansir dari situs LIPI, kupu-kupu itu ditemukan di Pegunungan Foya oleh Bruder Henk van Mastrigt saat ekspedisi pada 2005.

Penamaan kupu-kupu spesies baru itu bersamaan dengan peresmian Bali Safari and Marine Park di Gianyar, Bali, oleh Presiden SBY, Selasa (13/11/2007). Pihak Bali Safari menegaskan penamaan kupu-kupu Delias kristianiae ini dilakukan untuk menghormati Ani Yudhoyono.

Selamat jalan, Ani Yudhoyono, kenanganmu akan tetap lestari seiring kepak sayap kupu-kupu di Pegunungan Foya.

Sumber : detik.com

Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.