HETANEWS

Presiden Jokowi Ajak Rakyat Amalkan Nilai-nilai Luhur Pancasila

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2019. (ist)

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia berkomitmen mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Ini disampaikan Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-74 di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6).

"Marilah peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini kita manfaatkan untuk meneguhkan komitmen mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk saling toleran, hidup rukun, gotong royong," kata Jokowi.

Nilai-nilai luhur Pancasila, lanjut Jokowi, harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melawan paham-paham anti-Pancasila, bahaya terorisme serta separatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku bersyukur Indonesia dianugerahi Pancasila sebagai pemandu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila juga menjadi benteng pertahanan untuk menghadapi bahaya ideologi-ideologi lain.

Kendati demikian, Jokowi menyadari perjuangan menjunjung nilai-nilai luhur Pancasila tidaklah mudah. Sebab, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, di antaranya tantangan internasional, keterbukaan dan persaingan serta perkembangan teknologi.

"Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi juga menjadi tantangan berat karena semakin memberi ruang kepada berita bohong bahkan ujaran kebencian dan fitnah," ucapnya.

Jokowi menuturkan, sebagai bangsa besar dan majemuk sejarah telah menunjukkan bahwa Indonesia selalu mampu menghadapi masa-masa sulit bahkan semakin kokoh bersatu dalam menghadapi tantangan-tantangan. 74 Tahun perjalanan Republik Indonesia juga dinilai telah membuat bangsa ini menjadi dewasa dan matang.

"74 Tahun yang penuh dinamika naik dan turun tetapi kita bisa mengelolanya mampu mengelolanya dan semakin memperkokoh persatuan kita," ujar dia.

"Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia Kita Pancasila," sambung Jokowi.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.