HETANEWS

PT Suriatama Mahkota Kencana akan Bangun GOR Menjadi Gedung Merdeka

Penandatangan kontrak antara Pemko Siantar dan PT. Suritama Mahkota Kencana. (Istimewa)

Siantar, hetanews.com - Pemko Siantar dan PT Suriatama Mahkota Kencana, telah melakukan penandatangan kerjasama untuk membangun Gedung Olah Raga (GOR) dengan pola Bangun Guna Serah (BGS).

Gedung Olah Raga ini akan dibangun menjadi Gedung Serbaguna.

Berdasarkan release resmi Humas Pemko Siantar, disebutkan, penandatangan kesepakatan tersebut, dilakukan antara kedua belah pihak, di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan MH Sitorus, pada Rabu, 29 Mei 2019, lalu.

Pemko Siantar dikatakan, telah berupaya beberapa kali untuk memeroleh batuan dana dari Pemerintah pusat. Hanya saja, tidak membuahkan hasil. 

Karena keterbatasan anggaran dan pentingnya eksistensi GOR, maka Pemko merasa perlu mengambil langkah strategis yakni menjalin kerjasama dengan investor.

GOR akan menjadi gedung serbaguna yang didalamnya terdapat Gedung Olahraga dan Pusat Perbelanjaan dengan menggunakan dana investor, melalui pola BGS.

Lahan dan Gdung GOR  Kota Pematangsiantar seluas 8.442 meter per segi, terletak di Jalan Merdeka Nomor 375, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar.

Adapun bentuk kerjasama, yakni pola Bangun Guna Serah. Dimana, pihak investor mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, bernama ”Gedung Merdeka” dengan nilai investasinya Rp234.800.942.000.

Selanjutnya, sebagian dari gedung tersebut, diserahkan kepada Pemko Pematangsiantar. Sedangkan sebagian lagi, didayagunakan oleh investor dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Nantinya, diserahkan kembali tanah beserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, setelah berakhirnya jangka waktu perjanjian.

Jangka waktu kerjasama sama adalah 30 (tiga puluh) tahun terhitung sejak penandatanganan perjanjian ini.

Dalam hal ini, Pemko Siantar bekerja sama dengan PT Suriatama Mahkota Kencana dengan Mitra Kerja Sama Operasi (KSO), yakni PT Prima Abadi  Jaya Medan.

Penulis: gee. Editor: gun.
Komentar 1