HETANEWS

Menhub Ungkap Alasan Cabut Izin Terbang Single Engine Vincent Raditya

Menhub Budi Karya Sumadi

Jakarta, hetanews.com - Izin menerbangkan pesawat single engine milik pilot yang juga vlogger, Captain Vincent Raditya, dicabut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menhub Budi Karya Sumadi menilai Vincent harus bertanggung jawab atas aksinya. 

"Ya dia kan kalau pilot profesional harus punya tanggung jawab profesi, jadi segala tindakan mereka harus profesional," kata Budi Karya di sela meninjau jalur mudik Nagreg-Limbangan, Rabu (29/5/2019). 

Tindakan Kemenhub itu diambil setelah video Captain Vincent Raditya mengajak Limbad terbang dengan pesawat Cessna miliknya lalu mempraktikkan zero gravity. Aksi itu dianggap membahayakan. 

"Nah kalau mereka melakukan tindakan tertentu apalagi ngajak penumpang, itu kan membahayakan. Padahal dia harusnya berikan contoh kepada masyarakat dan etikanya memang demikian, jadi kita berbasis pada peraturan dan etika profesi itu sendiri," ucapnya. 

Sebelumnya diberitakan, Captain Vincent Raditya sendiri sudah dipanggil Kemenhub untuk menghadiri rapat pembahasan indikasi pelanggaran pekan lalu. Kemenhub kemudian menyebut ada 3 pelanggaran yang dilakukan oleh pilot dengan 2,1 juta subscriber di Youtube itu. 

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengambil tindakan tegas dengan mengambil langkah Cancellation Single Engine Land Class Rating didalam ATPL 6702 atas nama Capt. Vincent Raditya," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti dalam keterangannya. 

Captain Vincent sendiri telah merespons pencabutan izin oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini lewat video di akunnya berjudul 'LICENSI PILOT CAPTAIN VINCENT DI CABUT - TANGGAPAN RESMI SAYA'. Di video itu, Captain Vincent membenarkan bahwa izinnya untuk menerbangkan pesawat tipe single engine dicabut. 

Dia mengapresiasi dukungan luas netizen yang ikut prihatin dengan pencabutan lisensi ini. Vincent juga yakin subscriber-nya paham keberjalanan masalah ini. 

"Terlepas dari sanksi yang diberikan kepada saya, terima tidak terima, apa yang bisa saya lakukan, saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada. Jadi buat para netizen sekalian, nggak perlu khawatir. Walaupun tanpa pesawat itu, saya akan terus berjuang membuat konten buat kalian semua," ungkapnya. 

sumber: detik.com

Editor: sella.