HETANEWS

KSSK Antisipasi Kondisi Domestik Pasca Pengumuman Pemilu

Jakarta, hetanews.com - Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri MulyaniIndrawati menegaskan, KSSK akan terus menjaga ekonomi dalam kondisi baik di tengah berbagai gejolak yang terjadi. Salah satunya kondisi ekonomi domestik usai pengumuman hasil pemilu oleh KPU yang mendapat reaksi beragam dari masyarakat bahkan terjadi aksi di sejumlah wilayah.

"Menyikapi kondisi domestik pasca pengumuman pemilu yang menimbulkan berbagai suasana dalam negeri yang perlu kita tangani," ujar Sri Mulyani saat memberi keterangan pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5).

Dia merinci beberapa kondisi yang membuat ekonomi sempat terguncang yaitu perang dagang Amerika Serikat (AS)-China, kondisi di Timur Tengah kemudian keputusan The Fed menahan suku bunga yang memberi sentimen positif. Kondisi ini sempat membuat IHSG dan Rupiah terkapar.

"Kita mengantisipasi konsekuensi perlambatan ekonomi global dan tentu saja harga komoditas baik itu, situasi AS, Iran, harga minyak, tensi AS dan RRT yang kemungkinan memperlemah ekonomi global," jelasnya.

Sementara itu, dari sisi domestik beberapa upaya menjaga ekonomi akan terus dilakukan oleh pemerintah. "Dari sisi fiskal kita perlu melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap pertumbuhan ekonomi sendiri baik dari konsumsi termasuk konsumsi Rumah tangga, investasi dan ekspor," jelas Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, dengan adanya sejumlah kondisi yang berpotensi mempengaruhi ekonomi dalam negeri, KSSK akan terus malakukan segala upaya menjaga sektor keuangan dan perekonomian.

"Sikap dari KSSK kita harus terus menjaga sektor keuangan yang strategis dan penting menjaga ekonomi Indonesia. Update ke masyarakat, bahwa kami KSSK dengan melihat perkembangan global siap menjaga stabilitas keuangan tanpa kompromi," tandasnya. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.