HETANEWS

Penyebab Siswa di Palembang Keracunan Diduga Akibat Makan Rujak Mi

Korban keracunan di Palembang. (ist)

Palembang, hetanews.com - Sebanyak 37 siswa Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang diduga keracunan usai berbuka puasa. Para korban kini dirawat di dua rumah sakit.

Mereka berbuka puasa bersama di asrama sekolah dengan rujak mi, Selasa (21/5). Tiba-tiba tiga korban mual, sakit perut dan sakit kepala. Mereka pun dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan.

Keesokan harinya, puluhan korban lainnya mengalami gejala yang sama. Total ada 37 siswa yang diduga mengalami keracunan dirawat di RS Bari dan RS Hermina Palembang.

Baca juga: Puluhan Siswa Dilarikan ke Rumah Sakit, Diduga Keracunan

Kepala SONS Palembang Mitrisno mengatakan, makanan buka bersama itu disediakan salah satu catering dengan menu es lemon tea, nasi ayam sambal, sayur bening dan kemplang.

"Tadinya kami tidak mengira mereka keracunan, karena tak kunjung sembuh dan disusul puluhan siswa lain akhirnya baru sadar ada masalah dengan makanan itu," ungkap Mitrisno, Rabu (22/5).

Menurut dia, kasus ini diserahkan kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk menindaklanjutinya. Dia berharap kejadian ini tak terulang lagi karena anak didiknya merupakan atlet-atlet yang membutuhkan asupan gizi baik.

"Ini kejadian pertama, jelas sangat mempengaruhi kesehatan anak-anak," ujarnya.

Kapolsek Seberang Ulu I Palembang Kompol Mayestika mengatakan, pihaknya telah melakukan olah TKP dan mengambil sampel makanan. "Kita ambil sampel dulu apakah memang dari makanan atau bukan," pungkasannya.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.