HETANEWS

Pemko Siantar 'Gagal' Menggandeng Penggiat Kreatifitas

Pameran lukisan yang oleh Siantar Kratif, di gedung TIC Dinas Pariwisata Kota Siantar, Jalan Merdeka Siantar, 24 April 2019. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com –Wali Kota Siantar, Hefriansyah dan Dinas Pariwisata, tidak komitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata di Siantar . Upaya untuk menggandeng penggiat kreatifitas dalam mengembangkan pariwisata tidak berjalan maksimal.

Salah seorang penggiat komunitas dari Siantar Kreatif, Tuppak Wilmark Hutabarat menuturkan, Wali Kota pernah megeluarkan pernyataan di hadapan publik terkait dukungan penuh Pemko Siantar kepada para penggiat kreatifitas.

Pernyataan itu disampakan Wali Kota pada saat rangkaian acara HUT Siantar ke -148, di akhir April 2019, di Halaman Gedung Tourism Information Centre (TIC) yang saat ini dikelola Dinas Pariwisata.

Pernyataan Wali Kota itu dijadikan mereka sebagai motivasi untuk menyusun kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membangitkan gairah pariwisata di Siantar.

Salah satu kegiatan yang mereka gagasi adalah even  'Lebaran Siantar Kreatif' yang  akan dimuai 2-5 Juni 2019 yang akan datang. Even bertajuk bulan Ramadhan ini akan digelar di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Siantar.

Pernyataan Wali Kota untuk mendukung kegiatan kreatifitas itu, kata Wilmark, hanya sebatas wacana. Kenyataanya, mereka masih berhadapan dengan sekelumit administrasi dan prosedur dalam pemakaian tempat saja.

Meski demikian, sambung Wilmark, pengurusan adminstrasi itu sudah mereka selesaikan sesuai prosedur yang ada.

"Kita khawatir, kalau kedepanya kita melakuan kegiatan-kegiatan terbentur dengan persoalan seperti itu. Sementara kita berupaya untuk membangkitkan gairah pariwisata di Siantar, melalui kreatifias anak - anak muda di Siantar ini," kata Wilmark, ditemui di Jalan MH Sitorus, Rabu (22/5/2019 sore.

Masih kata pria yang dikenal dengan panggilan 'Si Parjalang' ini, Wali Kota Siantar dan Dinas Pariwisata harus komitmen dalam menggali sektor pariwisata, dari potensi sumber daya manusia maupun potensi yang ada di Kota Siantar.

Misalnya kata dia, menyusun standart baru dalam mengembangkan potensi Pariwisata di Kota Siantar bersama penggiat kreatifitas di Kota Siantar.

"Kita butuh standart baru jika Pemko Siantar komitmen untuk menggandeng komunitas dan penggiat kreatifitas di Siantar. Jadi bersama - sama membangun kota Siantar dari sektor pariwisata," kata Wilmark.

Penulis: gee. Editor: gun.