HETANEWS

Pak Clarisha Sedih Divonis 8 Kalender

Ivan Simanjuntak alias Pak Clarisha usai mendengarkan vonis di PN Siantar. (Foto/Mar)

Siantar, hetanews.com - Majelis hakim bacakan putusan terhadap terdakwa Ivan Simanjuntak alias Pak Clarisha (34). Terdakwa divonis 8 tahun dan denda yang sama dengan tuntutan jaksa, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Vonis tersebut, dibacakan oleh Fitra Dewi Nasution SH, dan didampingi dua hakim anggota, Fyhtta Imelda Sipayung SH dan Muhammad Nuzuli SH, di Ruang Sidang Candra PN Siantar, pada Selasa (21/5/2019).

Sidang sebelumnya, terdakwa dituntut oleh jaksa, Robert O Damanik, 8 tahun penjara denda Rp800 juta dengan subsider 6 bulan penjara.

Terdakwa yang merupakan jalan Murai No. 12 Kelurahan Sipinggol – pinggol, Kecamatan Siantar Barat ini, dipersalahkan melanggar pasal 112 ayat (1) UU No. 35/2009 tentang Narkotika.

Terdakwa ditangkap oleh personil Polres Siantar, di jalan Merpati, Kelurahan Spinggol – pinggol, pada Selasa (11/12/2018), lalu.

Terdakwa mendapatkan 1 paket sabu dengan berat sekitar 1 gram dengan cara membeli dari Ucok (DPO). Sabu tersebut, dipaketin terdakwa menjadi 9 paket kecil dan menyimpan 8 paket di tumpukan rumput, di jalan Simbolon, Kelurahan Sipinggol - pinggol.

Pada hari Selasa, 11 Desember 2018, pukul 14.00 WIB, lalu, terdakwa ditelpon oleh Brong Samosir (DPO) untuk memakai sabu bersama.

Terdakwa menyanggupi permintaan tersebut dan selanjutnya mengambil 8 paket sabu, lalu menyembunyikan pada tutup tangki RX King yang dikendarainya. Lalu menuju jalan Merpati menemui Brong Samosir. Namun ketika memasuki rumah Brong, terdakwa berhasil diringkus polisi.

Barang bukti yang berhasil diamankan polisi, yakni 1 buah plastik klip berisi 8 paket sabu dan 1 unit HP merk Samsung, 1 unit Yamaha RX King warna hitam tanpa nomor polisi dan 1 buah kunci.

Atas vonis tersebut, terdakwa menyatakan pikir - pikir terhadap majelis hakim dan dibantu oleh penasehat hukumnya, Erwin Purba SH. Palu diketok, persidangan dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: tim. Editor: gun.