HETANEWS

Tas Diduga Berisi Bom di Masjid Gegerkan Warga yang Akan Salat Tarawih di Gowa

Tim Jibom Polda Sulsel mensterilkan lokasi di sekitar Masjid Tua Kabupaten Gowa, Sulsel, setelah temuan dua tas mencurigakan, Senin malam (20/5/2019).

Gowa, hetanews.com-Dua tas yang diduga berisi bom menggegerkan ratusan jamaah yang akan salat tarawih di Masjid Tua Katangka, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin malam (20/5/2019). Tas tersebut diletakkan seorang perempuan di halaman masjid yang langsung melarikan diri.

Aksi pelaku pun terekam kamera CCTV masjid. Dalam rekaman CCTV menunjukkan seorang perempuan berhijab yang tidak dikenali warga membawa sebuah tas ransel yang diduga berisi bom. Perempuan itu masuk ke pelataran Masjid Tua Katangka di Jalan Syekh Yusuf, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pelaku sempat terlihat menelepon, lalu meninggalkan tas tersebut di halaman masjid. Setelah itu, perempuan itu langsung lari keluar dari pelataran masjid saat ibadah salat tarawih akan dimulai.

Melihat aksi pelaku yang tiba-tiba lari dan meninggalkan tasnya, jamaah yang akan melaksanakan ibadah pun geger. Mereka langsung berhamburan keluar masjid. Akibatnya, aktivitas ibadah warga terganggu.

Kabag Ops Polres Gowa Kompol Sudaryanto mengatakan, mereka turun ke lokasi setelah mendapat informasi dari warga mengenai tas yang mencurigakan di Masjid Tua Katangka. Polres Gowa juga berkoordinasi dengan Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Gegana Brimob Polda Sulsel. Tim langsung mensterilkan masjid dan memasang garis polisi.

Untuk penyelidikan, Tim Jibom membawa tas yang diduga berisi bom tersebut ke Markas Brimob Polda Sulsel. Polres Gowa turut mengamankan rekaman CCTV Masjid Tua Katangka. Polisi juga mengejar pelaku perempuan berhijab yang diduga telah melakukan teror kepada jamaah masjid.

“Yang jelas, barang itu ada ada dua tas ransel yang ditinggalkan oleh perempuan di pelataran masjid dan sudah dibawa Jibom untuk diperiksa di Markas Brimob. Nanti akan diperiksa di sana. Kemungkinan besok kami akan mendapat informasinya,” katanya.

Sementara pengurus Masjid Tua Katangka, Maddatuang mengatakan, suasana di masjid awalnya tenang. Namun, saat akan salat tarawih, warga digegerkan dengan kejadian seorang perempuan yang meninggalkan tas mencurigakan dan langsung lari meninggalkan masjid. Jamaah menduga tas itu berisi bom.

“Saat akan tadarus tadi, terjadilah kepanikan jamaah karena ada perempuan yang meninggalkan tas di masjid yang diduga ada bom di dalamnya. Maka berhamburanlah jamaah keluar masjid sebelum salat tarawih dimulai,” kata Maddatuang.

Maddatuang mengatakan, kejadian seperti ini baru pertama kali di masjid tersebut. Selama ini, Masjid Tua Katangka selalu ramai, terutama saat Ramadan. Apalagi, masjid itu juga merupakan salah satu objek wisata religius di Sulsel. “Jadi baru kali ini ada kejadian seperti ini,” ujarnya.

sumber: inews.id

Editor: sella.