HETANEWS

3 Terdakwa Merasa Sudah Pas Dituntut 7 Bulan Bui

JPU Augus Vernando saat membacakan tuntutan 7 bulan penjara, di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Tiga terdakwa, Donni Sitorus (34), Junjungan Nainggolan (31) dan Dembi Simanjuntak (32), masing-masing dituntut 7 bulan penjara oleh jaksa, Augus Vernando SH, di PN Simalungun, Senin (20/5/2019).

Menurut jaksa penuntut umum, ketiganya bersama Malanton Sinaga (disidang terpisah) terbukti melakukan penganiayaan terhadap saksi korban, Prima Ginting, dan dipersalahkan melanggar pasal 170 KUHPidana tentang pengeroyokan. Akibatnya korban luka sesuai VER No.15/Pusk-TJ/VER/I/2019.

Atas tuntutan itu, ketiga terdakwa tidak meminta agar hukumannya diringankan, karena merasa sudah pas. "Pas yang mulia,"kata para terdakwa saat ditanya tentang tanggapannya atas tuntutan 7 bulan dari jaksa.

"Jadi sudah pas, tidak ada permohonan,"kata hakim lagi.

Pengeroyokan itu dilakukan, pada Minggu, 30 Desember 2018, lalu, di gudang kelapa sawit milik Barita Dolok Saribu, di Huta Silakidir, Kecamatan Hutabayu Raja.

Pengeroyokan bermuka ketika terdakwa Donni Sitorus yang merasa tersinggung dengan ucapan saksi korban waktu berada, di warung tuak, di kampungnya.

Meski saksi korban sudah pergi dari warung itu, Donni Sitorus, mengikutinya bersama Malanton Sinaga dan diikuti terdakwa Junjungan dan Dembi. Lalu ke-4 nya menganiaya korban.

Untuk putusan, hakim Roziyanti SH, didampingi dua hakim anggota, menunda persidangan hingga Senin mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.