HETANEWS

David Siregar Pencuri Kabel PTPN IV Pasrah Dibui 16 Bulan

Terdakwa digiring petugas meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdakwa David Siregar (44), warga Huta IV Nagori Raja Maligas, diganjar 1 tahun 4 bulan oleh majelis hakim, Novarina Manurung SH, Aries Ginting SH dan Hendrawan Nainggolan SH, di PN Simalungun, Senin (20/5/2019).

Vonis tersebut, lebih ringan dari tuntutan jaksa, Dedi Chandra Sihombing SH, selama 2 tahun penjara. Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 363 (1) ke-4,5 KUHPidana.       

Terdakwa terbukti melakukan pencurian kabel tembaga dari gudang pupuk kimia empalsemen PTPN IV Kebun Mayang. Pencurian itu, dilakukan terdakwa bersama Undek Simanjuntak (DPO), pada Rabu, 26 Desember 2018, lalu.        

David sebagai karyawan bongkar muat masuk dengan cara memanjat pagar dengan bambu. Lalu naik ke bagian atap dan membuka seng gudang. Kabel tembaga dimasukkan kedalam goni yang sudah dipersiapkan dan melangsir goni berisi kabel.         

Atas putusan itu, terdakwa menyatakan terima, demikian juga dengan jaksa. Persidangan dibantu penitera, Jontahan Sinaga SH, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.