HETANEWS.COM

Maruli Aritonang, Dokter Gigi Penolong Penyandang Disabilitas

Maruli Juara Aritonang (dok istimewa)

Siantar, hetanews.com - Maruli Juara Aritonang (37), lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (FKG USU) Tahun 2007, menerima beasiswa studi kedokteran gigi, khusus penyandang disabilitas, di Kings Collage, London, Inggris.

Maruli membuka klinik di Jalan Viyata Yudha, Kota Siantar. Selain menerima pasien umum, Maruli menerima pasien khusus penyandang disabilitas. Untuk penyandang disabilitas, Maruli selalu menggratiskan biaya perobatan.

Ia menceritakan, semasa kuliah, dirinya sempat merasa putus asa dan ingin berhenti kuliah. Ia bahkan mengajukan pengunduran diri, namun pihak kampus menolaknya.

Secara tidak sengaja, ia pun berkunjung ke salah satu panti rehabilitasi penyandang disabilitas. Dari sana, Maruli terilhami semangat para disabilitas dalam menjalani kehidupan. Setelah itu, ia pun tak ingin putus asa, lalu memilih menyelesaikan kuliahnya.

Setelah lulus, Maruli kemudian mendedikasikan dirinya untuk menolong para penyandang disabilitas, dengan profesinya sebagai dokter gigi. Pengalaman dalam menangani penyandang disabilitas, membuatnya tak henti memberi perhatian kepada penyandang disabilitas.

"Kalau sama mereka (disabilitas) harus dibujuk dulu. Karena emosi, senang atau takut dari mereka sudah diterka dan susah dikontrol," kata Maruli, ditemui di Kliniknya, di Jalan Viyata Yudha, Sabtu (18/5/2019).

Maruli megatakan, ia menerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahun 2019, setelah melalui proses pendaftaran.

Ia akan melanjutkan studinya di Kings Collage, London, Inggris, yang khususus mempelajari penanganan khusus gigi para  penyandang disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Nanti, setelah lulus menempuh studinya, Maruli tetap komitmen untuk membantu para kaum disabilitas, maupun pasien umum yang akan membantu kelangsungan kliniknya.

Penulis: huget. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan