HETANEWS

Baru Pertama Kali di Lapas Klas II A Siantar, Ribuan Warga Binaan Zikir Akbar Bersama Keluarga

Zikir akbar ribuan warga binaan dan keluarga di Lapas Klas II A Siantar. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Warga binaan sangat bahagia dan bersyukur dengan Kalapas yang baru beberapa bulan memimpin Lapas Klas IIA Siantar.

Begitu banyak perubahan, dan warga binaan diperlakukan sebagaimana layaknya. Mendapat makanan yang layak, diperlakukan dengan baik hingga dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk.

Di bawah kepemimpinan  Kalapas Porman Siregar, Lapas Siantar ini sudah seperti rumah sendiri. "Mari kita jaga ketertiban dan keamanan di Lapas, karena kalau tidak aman kita sendiri yang rugi,"kata Rizal yang diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan, pada acara zikir akbar.

Porman Siregar dalam kesempatan itu, mengungkapkan rasa prihatin saat pertama kali bertugas di Lapas Klas IIA Siantar. Melihat kondisi warga binaan yang melaksanakan sholat di atas air, yang melakukan kebaktian di tempat seadanya.

Alhamdulillah, kini Mesjid di Lapas sudah bisa menampung seribuan warga binaan, yang Kristen sudah dapat tempat ibadah yang baik dan juga telah dilakukan pembangunan vihara, jelas Siregar.

Zikir Akbar yang digelar di lapangan Lapas, Jum'at (17/5/2019) ini, dihadiri seribuan orang yang terdiri dari warga binaan dan keluarga. Sebelumnya telah dilaksanakan KKR bersama keluarga warga binaan.

Para warga binaan merasa bersyukur karena bisa bertemu dengan keluarga. Hal ini menjadi moment yang baru di Lapas, yang dari dulu tidak pernah ada.

Dalam zikir akbar tersebut, memaknai eratnya hubungan silaturahmi yang diharapkan warga binaan tidak merasa diasingkan setelah bebas, karena diharapkan setelah keluar nantinya menjadi manusia yang lebih baik.

Ketua Panitia Zikir, Zian Noor H mengungkapkan, suksesnya acara tersebut berkat sumbangsih seluruh pegawai tanpa membedakan kegiatan agama yang satu dengan lainnya. Semua berpartisipasi dengan penuh sukarela dan ikhlas, saling membantu antara Islam dan  Kristen, katanya.

Acara dibuka awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh seorang warga binaan Supadi, yang suaranya sangat merdu dan bacaan yang sempurna. Sedangkan tausyiah disampaikan Al ustad KH Dr Amirudfin MS.

Penulis: ay. Editor: gun.