HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Bersama Petani Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo Bersama Petani Rawat Tanaman Padi

Babinsa Kertosari Koramil Kutorejo, Sertu Erwin Dayana bersama Petani melakukan penyiangan tanaman padi.

Mojokerto, hetanews.com - Sejumlah Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815 Mojokerto dikerahkan untuk melaksanakan Upsus pendampingan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (15/05/2019).

Seperti Kopda I Wayan Sudiasa yang mendampingi petani melakukan pemupukan tanaman padi varietas Ciherang, di lahan seluas 8.000 meter yang ditanami jebis padi varietas Ciherang, milik Supangat, Anggota Poktan Rukun Tani, Dusun Sidorejo Desa Tambunrejo.   

Babinsa Wndurejo, Kopda I Wayan Sudiasa menjelaskan, pemupukan merupakan bagian dari tahapan perawatan tanaman padi.  Pemupukan ini dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah agar mampu menopang kebutuhan unsur hara pada tanaman.

“Selain itu, melalui pemupukan ini dapat mengantisipasi serangan hama dan penyakit, sehingga tanaman menjadi sehat.  Pemupukan juga dapat memperbaiki struktur tanah agar tanah mampu mengikat air, dan tanaman tumbuh secara maksimal,” tegasnya.

“Namun tentunya, dalam pemupukan itu harus dilakukan secara berimbang, tepat jenis, tepat cara, tepat waktu, dan tepat ukuran/dosis, sesuai yang dianjurkan PPL sehingga hasilnya lebih optimal,” imbuhnya.

Masih di wilayah Kutorejo, aktivitas pendampingan juga berlangsung di lahan milik Abdul Manaf, Anggota Poktan Sumber Makmur, Desa Kertosari. Di lahan seluas 1,4 hektar yang ditanami jenis padi varietas IR-64, dilakukan perawatan tanaman padi berupa penyiangan gulma oleh petani dengan didampingi Babinsa setempat, Sertu Erwin Dayana. 

Sementara Babinsa Kepuh Pandak Sertu Abdul Kholiq, melaksanakan pendampingan penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 1,2 hektar yang ditanami jenis padi varietas IR-64, milik Al-Kodim, Anggota Poktan Sentosa.  Di areal persawahan ini, penyemprotan herbisida menggunakan satu unit handspayer.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: sella.