HETANEWS

Relawan TKSK Siantar Diupah Rp25 Ribu per Bulan, Dibayar per Triwulan

Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pematangsiantar. (Foto/Gee)

Siantar, hetanews.com - Relawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Kelurahan dan Kecamatan se Kota Pematangsiantar hanya diberi upah Rp25 ribu per bulan. Sumber pembiayaan untuk relawan ini dari APBD Kota Pematangsiantar setiap tahunnya.

Relawan TKSK ditugaskan 4 orang di setiap kelurahan, dan 1 orang ditugaskan di tingkat kecamatan. Dari data yang dimiliki Dinas Sosial, jumlah relawan di 8 Kecamatan dan 53 Kelurahan berjumlah 212 orang.

"Maunya kita (upah) Rp500 ribu per bulan, tapi kan tergantung pagu-nya," kata Kabid Sosial, Dinsos Kota Pematangsiantar, R. Sinaga, Selasa (14/5/2019).

Tugas relawan di kelurahan melakukan pendataan untuk penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat maupun daerah. Ia mengakui tugas relawan dengan upah yang diberi Rp25 ribu per bulan itu, tidak sebanding dengan tugas dan tanggungjawab-nya.

"Biayanya (Gaji Relawan) dari APBD Pematangsiantar. Ngerinya, hanya mengantar warga miskin ke sini (Kantor Dinsos) saja sudah berapa uang minyaknya," katanya.

Sinaga menyebutkan, honor yang diterima relawan yang Rp25 ribu per bulannya itu disebut biaya Talih Asih.

"Kalau gaji atau honor engga itu lagi namanya. Tapi Talih Asih namanya, itu pun dibayar 3 bulan sekali. Kalau peraturan baru sekarang, Relawan TKSK harus buka rekening dulu untuk menerima itu, karena gak bisa dikasih uang cash," ucapnya.

Relawan TKSK, ujar Sinaga, adalah pekerja yang bergerak dalam bidang sosial. Ia berharap kedepan ada penambahan anggaran yang diberikan khusus kepada para Relawan tersebut. Untuk saat ini, Relawan TKSK di Kota Siantar mengalami perubahan. Ada yang keluar dan pindah.

Penulis: gee. Editor: bt.