HETANEWS

Ratusan Calon Pangulu Urus Surat Keterangan di Kantor Kejari Simalungun

Petugas tampak memberikan pelayanan untuk melengkapi berkas calon pangulu. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Lebih dari 200-an orang mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, di jalan Asahan Km 4,5, sepanjang kurun waktu lebih dari 3 minggu.

Hari terakhir, Senin (13/5/2019), lalu, terlihat puluhan calon pangulu (Capang) masih sibuk memenuhi pemberkasan.          

Pemkab Simalungun akan melaksanakan Pilpanag (Pemilihan Pangulu Nagori) atau Pilkades  tahun 2019. Ada sekitar 60 Nagori yang akan melaksanakan pemilihan dari 300 Nagori yang sudah berlangsung, pada Desember lalu.             

Menurut Kajari Simalungun melalui Kasi Intel Robinson Sihombing SH, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (14/5/2019), pihaknya telah menerbitkan sedikitnya 200 lebih surat keterangan (SK) tidak sedang dalam proses hukum, bagi calon pangulu.             

Para calon pangulu mendapatkan surat  keterangan tidak sedang dalam proses hukum dari Kejari Simalungun, untuk kelengkapan berkas sebagai calon pangulu, pada Pilpanag yang akan berlangsung, pada Juni 2019 mendatang, sebut Robinson Sihombing.             

"Persyaratan tersebut sesuai ketentuan Perbup Nomor 10 Tahun 2016 tentang juklak pemilihan pangulu serentak pasal 12 huruf e,"jelasnya.              

Salah seorang calon pangulu, H Siagian yang ditemui wartawan, mengungkapkan, bukan hanya dari kejaksaan, tapi juga dari pengadilan. "Dari kejaksaan surat keterangan tidak sedang dalam proses penuntutan, sedangkan dari pengadilan surat keterangan belum pernah dipidana,"ungkapnya.

Penulis: ay. Editor: gun.