HETANEWS.COM

Penerima BPJS PBI di Siantar TA 2019 Bertambah

Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Siantar. (Int)

Siantar, hetanews.com - BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBD Kota Siantar tahun 2019, bertambah sebanyak 2 ribu orang. Namun hingga saat ini, BPJS Pematangsiantar masih menghimpun kurang lebih 1000 orang.

Pada Tahun 2018, penerima BPJS PBI Kota Siantar, berjumlah 10 ribu orang. Angka tersebut, meningkat di tahun 2019 dengan penambahan sebanyak 2 ribu orang peserta.

Sesuai dengan penambahan tersebut, peserta BPJS PBI APBD Kota Siantar berjumlah 12.000.

"Yang sudah masuk sekitar 1.1000. Data itu lagi diproses, data kan kami terima dari Dinas Sosial, jadi data itu gak semua bisa divalidasi, karena NIK yang bermasalah atau sudah pernah buat kartu," kata Aswan Siregar, Kabid Kepesertaan BPJS Pematangsiantar.

Aswan yang ditemui di Kantor Dinas Sosial, Selasa (14/5/2019) siang, tidak merinci jumlah data yang masuk sebagai peserta PBI di Kota Siantar.

"Kisaran segitu, kalau data yang valid di kantor. Tapi perkiraannya segitulah," ungkapnya.

Aswan berujar, untuk pendataan PBI di Kota Pematangsiantar dilakukan oleh Dinas Sosial Siantar. Sementara pihaknya, dalam hal ini BPJS hanya menerima dan mengeluarkan kartu penerima BPJS PBI APBD Kota Siantar.

"Kami hanya penerima data, jadi kalau kriterianya yang menentukan Dinas Sosial," ungkapnya.

Sedangkan dinas yang mencairkan anggaran untuk peserta PBI ini adalah Dinas Kesehatan Kota Siantar, bersumber dari APBD.

Aswan juga mengatakan selain BPJS PBI dari APBD Kota Siantar, ada juga BPJS PBI dari APBN bersumber dari Dana Kemensos RI. Selain itu, ada lagi BPJS PBI dari APBD Provinsi untuk warga Siantar. Hanya saja data penerima bukan kewenangan dari BPJS.

"PBI dari pusat dananya dari Kemensos. Data (penerima) divalidasi setiap enam bulan. Kalau data merupakan kewenang andari Kemensos. Yang dari PBI Provinsi juga seperti itu," ungkapnya.

Penulis: gee. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!