HETANEWS

Hingga Kini Jalan Lingkar Onan Runggu masih Dihantui Longsor, Warga Harapkan Perbaikan

Jalan lingkar kabupaten Samosir yang berada di Desa Huta Hotang, kecamatan Onan Runggu tampak mengecil akibat longsornya bahu jalan. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com – Jalan lingkar yang berada di Desa Huta Hotang Pangasean/Janji Maria Dusun I, Kecamatan Onan Runggu, sudah layak mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun dinas terkait.

Seperti pantau hetanews.com, Sabtu (11/5/2019), lalu, kondisi jalan itu sangat memprihatinkan dan terancam ambruk karena longsor.

Di lokasi tidak ada dipsang garis polisi ataupun papan  pemberitahuan kepada pengguna jalan, bahwa jalan itu lagi longsor sehingga berbahaya bagi warga yang melintas.

Masih pengamatan wartawan, di bawah jurang tampak berserakan serpihan aspal hotmix jalan yang sudah selesai dikerjakan dan dinding jalan yang longsor ditutupi tenda warna biru.

Tak hanya itu, di lokasi jalan tersebut juga minim lampu penerangan, sehingga benar – benar tidak bersahabat bagi pengendara, apalagi di malam hari.

Taruli Gultom, warga Onan Runggu yang setiap harinya melintasi jalan ini, kepada awak media, mengatakan, bahwa longsor ini sudah berulang - ulang dan diperparah lagi belakangan.

Longsor sudah ada selama satu tahun dan kami melihat pengerjaannya salah pondasi, dan tanpa ada perbaikan dari dinas terkait, ujarnya, sambil menunjuk longsor tersebut kepada awak media. Taruli wjuga mengeluhkan minimnya lampu penerangan jalan di jalan itu.

“Sebelumnya, kami penduduk yang ada di desa ini sudah pernah memberitahukan kepada pemborongnya, tapi jawaban yang kami dengar saat itu, malah jawaban yang  bukan yang kami kehendaki dengan nada "Bapak sajalah yang kerja", sehingga kami penduduk desa disini hanya diam saja mendengarnya,”ujarnya.

Dia sangat berharap agar pemerintah ataupun dinas terkait, secepatnya memperbaiki jalan ini, agar  jangan ada korban jiwa.

Hal senada juga disampaikan Surya, warga Kota Medan yang ketepatan melintasi jalan itu. Dia pun berharap agar jalan ini secepatnya diperbaiki  agar tidak terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa.

Penulis: stm. Editor: gun.