HETANEWS

Suka Minum Tuak? Inilah Beberapa Manfaat Tuak Bagi Kesehatan

Tuak di dalam bambu

Toraja, hetanews.com - Ballo’ atau tuak adalah minuman yang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Ballo’ atau tuak adalah minuman yang diperoleh dari pohon aren (dalam bahasa Toraja mayang) dan memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan orang yang meminumnya mabuk berat. Tidak hanya dari pohon aren, tuak juga bisa diperoleh dari hasil fermentasi air beras.

Di Toraja sendiri, ballo’ atau tuak menjadi salah satu minuman yang wajib di hidangkan di Upacara-uoacara adat dan keagamaan seperti pernikahan (rambu tuka’), syukuran rumah (mangrara banua), dan kematian (rambu solo’). Tidak hanya dihidangkan dalam upacara-upacara tersebut, tuak juga dihidangkan ketika sedang melaksanakan gotong royong dalam masyarakat dan juga ketika sedang bersantai dengan kata lain tuak sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan dan keseharian masyarakat Indonesia terlebih di Toraja.

Meskipun memiliki kadar alkohol di dalamnya, namun ballo’ atau tuak memiliki beberapa manfaat bagi tubuh ketika diminum dalam kadar yang tidak berlebihan seperti:

  1. Sebagai Obat Tidur. insomnia atau susah tidur merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena depresi. meminum tuak dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi susah tidur/ insomnia karena tuak dapat menjadi obat penenang bagi orang yang susah tidur.
  2. Menghangatkan Tubuh. Kadar alkohol yang terdapat dalam tuak dapat menghangatkan tubuh. Di Toraja sendiri, salah satu alasan orang Toraja meminum tuak adalah untuk menghangatkan badan di kala suhu sangat dingin (lassu-lassui kale).
  3. Meningkatkan Kepercayaan Diri. Ketika hendak tampil di depan umum, meminum tuak dalam kadar yang tidak terlalu banyak dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi demam panggung.
  4. Mengurangi Stres. Meminum tuak atau ballo’ dikala stres atau banyak pikiran dapat mengurangi rasa stres tersebut. hal tersebut karena tuak dapat memberikan efek rileks, nyaman dan tenang kepada fikiran, namun jika dikonsumsi dalam kapasitas yang besar maka dapat mengakibatkan halusinasi dan mabuk.
  5. Melancarkan Sistem Pencernaan. Mengonsumsi tuak juga dapat bermanfaat bagi pencernaan terutama ketika susah buang air besar karena kandungan air dan serat yang terdapat pada tuak sangat bagus untuk sistem pencernaan dan mengatasi sembelit.
  6. Obat Sariawan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kandungan vitamin C pada buah dapat mengobati malasah panas dalam dan sariawan. Pada tuak sendiri, kandungan vitamin Cnya tergolong cukup tinggi sehingga dapat menjadi obat panas dalam dan juga sariawan.
  7. Bahan Utama Pembuat Gula Aren. Siapa sih yang gak tau komposisi utama gula aren, gula aren merupakan gula yang di hasilkan dari tuak karena rasa manis pada tuak tersebut. Gula aren yang dihasilkan dari tuak kemudian menjadi bahan untuk membuat kue. salah satu kue khas Toraja yang berasal dari olahan gula aren adalah deppa tori’.
  8.  

Itulah beberapa manfaat dari tuak yang diperoleh dari pohon aren. selain bermanfaat bagi tubuh, tuak juga dapat meningkatkan persaudaraan, memperbanyak teman dan juga sebagai media melancarkan proses berfikir dikala berdiskusi bersama dengan teman baik di kedai-kedai ataupun tempat-tempat tongkrongan anak muda. tapi perlu diingat bahwa mengonsumsi tuak dalam jumlah yang besar dapat menjadi masalah bagi kesehatan jadi bijaklah ketika mengonsumsi minuman yang satu ini.

sumber: indonesiaterpercaya.net

Editor: sella.