HETANEWS

Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Molor Lagi

Ketua KPU Sumut Yulhasni kepada awak media di acara Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi KPU Sumut. Tribun-Medan/ Fatah Baginda Gorby

Medan, hetanews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Yulhasni mengatakan rekapitulasi suara tingkat provinsi masih menyisakan empat kabupaten dan lota lagi.

Empat daerah tersebut yaitu,Nias, Nias Selatan, Deliserdang dan Medan.

Dari keempat daerah itu, menurut Yulhasni Deliserdang yang belum menyelesaikan rekap di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Di Deliserdang khususnya di Percut Sei Tuan masih ada 346 TPS lagi. Untuk Medan, Nias Selatan telah masuk. Pukul 14.00 WIB ini akan dibacakan," katanya Yulhasni di sela-sela rapat pleno terbuka perhitungan suara, Hotel Santika, Minggu (12/5/2019).

Oleh karenanya, kata Yulhasni pihaknya telah melayangkan surat permohonan perpanjangan waktu kepada KPU RI mengingat batas waktu rekapitulasi terakhir hari ini.

"Kita sudah ajukan permohonan perpanjangan waktu. Untuk Medan dan Nisel akan dibacakan hari ini. Deliserdang kita masih menunggu," katanya.

Yulhasni mengatakan, pihaknya juga telah memberikan instruksi kepada KPU Deliserdang untuk memindahkan lokasi rekapitulasi ke GOR Lubukpakam.

"Agar semuanya bisa tertampung semua orang bisa terlibat. Kita juga menggunakan empat belas panel mengingat penggunaan empat panel sangat terbatas," katanya.

Lambatnya proses rekapitulasi di Deliserdang, kata Yulhasni disebabkan karena banyaknya keberatan para saksi terkait perhitungan di TPS.

"Sehingga PPK banyak membuka kotak suara kembali menghitung ulang. Sebenarnya kejadian di TPS diulang lagi di Kecamatan," katanya.

Untuk Kabupaten Nias, lanjut Yulhasni, tinggal satu kecamatan lagi yang diadakan perhitungan ulang. "Nias sudah selesai, baru dibacakan sejak pagi," katanya.

Sumber: tribunnews.com

Editor: gun.