HETANEWS

Pemadaman Listrik di Sumut pada Bulan Ramadhan, PLN: Gangguan Sistem Transmisi dan Suplai Gas

Joy Mart (kanan) memberikan keterangan terkait pemadaman listrik dua kali di Kota Siantar. (Foto/bt)

Siantar, hetanews.com -  Pemadaman listrik di sebagian wilayah Kota Siantar pada 9 Mei 2019 terjadi dua kali disebabkan adanya gangguan pada sistem transmisi dan suplai gas yang berdampak terhadap pembangkit . Namun PLN mengatakan pemadaman juga berlaku di sejumlah daerah di Sumut.

“Gangguan pada sistem transmisi penghantar 150 kV mengakibatkan pembangkit diantaranya PLTU Nagan, PLTU Pangkalan Susu, PLTU Belawan dan PLTG AKE mengalami trip (lepas sistem) dengan total daya 378 MW,” ujar Manager PLN Area Pematangsiantar, Joy Mart Sihaloho dalam siaran pers kepada sejumlah media, Jumat (10/5/2019).

Kemudian pemadaman yang diakibatkan suplai gas mengalami penurunan yang berdampak pada pembangkit LMVPP (Kapal) di Belawan trip dengan total 448 MW.

Sementara itu, pasokan listrik untuk Sumut di angka sekitar 1.500 MW, sedangkan Siantar sekitar 200 MW.

“PLN melakukan upaya percepatan penormalan pemulihan. Dengan terjadinya dua kali pemadaman ini kami memohon maaf dan hal ini menjadi perhatian serius bagi kami agar kejadian serupa tidak terulang,” sambung Joy yang didampingi Manager Teknis Jaringan, Suhairi dan Manager PLN UP3 Pematangsiantar, Marijen.

Mengenai pasokan listrik selama Ramadhan, mereka mengatakan PLN UP3 Siantar jauh hari sudah melakukan pemeliharaan jaringan terutama di sejumlah daerah rawan gangguan. “Kami akan terus update informasinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu mereka juga menghimbau agar masyarakat segera melaporkan ke PLN apabila ada potensi gangguan pada jaringan. Pelaporan dapat dilakukan dengan menghubungi Call Center123, Facebook: PLN123, Twitter: @PLN_123 dan melalui aplikasi PLN Mobile.

Penulis: bt. Editor: bt.