Siantar, hetanews.com- "Aku aja tidak menyangka bisa jadi seperti ini", sepenggal kata itu terucap dari salah satu petinggi Kepolisian di Kota yang dikenal berhawa sejuk ini, yakni Kasat Lantas Polresta Siantar, AKP Gandi Darma Yudanto SH (31), ketika berbincang santai dengan wartawan di ruang kerjanya, Jumat (6/3) sekira pukul 15.00 Wib.

"Masuk, bos. Masuk, bos." kata hangat itu kemudian mempersilahkan wartawan memasuki ruangan mungilnya untuk memulai perbincangan.

Ditemani segelas kopi, pria kelahiran Jakarta pada Juli 1983 ini memulai ceritanya ketika awal memasuki Akademi Kepolisian (Akpol), dari Pendidikan Sarjana yaitu Sarjana Hukum Universitas Surabaya.

Dirinya tidak menyangka akan bisa masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol) dan bisa menjadi salah satu pengayom ditengah masyarakat. Pasalnya, tiga kali mencoba dari Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk dapat bergabung ke Korps Bayangkhara dari jalur Akademi ternyata tidak lulus.

"Saya cukup bangga bisa menjadi seperti yang sekarang ini. Karena sudah tiga kali saya mencoba untuk bergabung dari SMA tidak menang," ujar anak tiga ini sembari memesankan kepada para kawula muda untuk tetap semangat dalam meraih cita-citanya.

Membanggakan keluarga serta mengabdi pada Negara, menjadi visi-misi bapak dari tiga anak ini dalam menjalankan hidup. Alasannya, karena mencintai keluarga dan Negara membuat hidup semua orang semakin berarti.

"Keluarga dan Negara adalah yang terpenting buat saya dan kita semua," betul tidak tanya sambil tersenyum bangga.

Lanjut bercerita, pria yang mempersunting, Ika Diana ini awal berkarier menjadi pengayom masyarakat ditempatkan di Polres Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.

"Dari SMA 3 kali nyoba, baru dari 2007 akpol merekrut taruna nya dari SI pada tiga tahap. Akhirnya, lulus dan melakukan Pendidikan selama dua tahun. Setelah lulus Akpol 2009 Batalion Dharmas Satria Angkatan 42, saya langsung ditempatkan di Asahan," ujarnya menutup pembicaraan.

Berikut Profile Kasat Lantas Polresta Pematangsiantar, AKP Gandi Darma Yudanto SH:

-Lahir di Jakarta, Juli 1983
- SD Pulau Muna, Kabupaten Raha Sultra
- SMP Pulau Buton, Kabupaten Bau-Bau, Sulawesi Utara
- SMA Surabaya
- Sarjana Hukum Universitas Surabaya
- Lulus Akpol Batalyon Darma Satria akatan 42 tahun 2009  .
- Pertama ditugaskan di SPK Januari 2010
- Kapos Lantas
- Kanit pendidikan dan rekayasa lalu lintas (Dikiasa) 2010-2012
- KBO lantas pada tahun 2013
- Kanit Rekiden Dir Lantas di bawah SU Dik Rekiden lantas Sumut  Mei 2013
- Kanit Laka Polresta Medan hingga Mei 2014
- Kasat Lantas Polresta Siantar.

Istri:
- Ika Diana
Anak:
- Kanaya (4)
- Kaniya (4)
- Karenina (2)