HETANEWS

Gempa 6,3 SR Guncang Jepang, Tak Berpotensi Tsunami

Jepang, hetanews.com - Gempa berkekuatan 6.3 skala Richter melanda bagian selatan Jepang pada Jumat (10/5). Namun, Badan Meteorologi Jepang melaporkan tidak ada ancaman tsunami.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan bahwa gempat itu terjadi pukul 8:48 pagi waktu setempat. Pusat gempat terletak di perairan Pasifik yang berjarak sekitar 40 kilometer dari tenggara kota Miyazaki dengan kedalaman 24 kilometer.

Lembaga prakiraan cuaca sempat mengeluarkan peringatan darurat ketika gempa terjadi. Perusahaan penyiaran Jepang, Nippon Hoso Kyokai (NHK), juga diperintahkan untuk menyiarkan situasi terkini terkait keadaan di wilayah selatan Kyushu, termasuk kota Miyazaki.

Namun, menurut laporan media setempat, tidak ada kerusakan terjadi di Miyazaki maupun daerah sekitarnya.

Selain itu, gempa lainnya berkekuatan 5.1 Magnitudo juga melanda wilayah yang sama pada pukul 9.07 waktu setempat.

Insiden gempa kerap melanda Jepang karena lokasinya yang terletak di persimpangan empat lempeng tektonik.

Namun, Jepang sudah sangat siap menghadapi bencana semacam ini. Sedikitnya ada delapan upaya yang dilakukan oleh warga dan pemerintah Jepang. 

Kedelapan upaya itu adalah menciptakan bangunan tahan gempa, menambah sistem peringatan pada perangkat pintar, pembaruan sistem pada kereta, siaran televisi, pendidikan proses evakuasi, museum peringatan gempa bumi untuk wadah informasi, paket bertahan hidup, dan terowongan air. 
 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.