HETANEWS

Pemilik Anjing Dihimbau Waspadai Rabies

Ilustrasi anjing rabies. (Int)

Siantar, hetanews.com - Warga yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing, diminta supaya waspada penyakit rabies.

Pemilik anjing, juga dihimbau supaya berkordinasi dengan pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Siantar, dalam pencegahan penyakit tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Siantar, Hendri Dunan Sinaga, menegaskan, pencegahan penyakit rabies di Kota Siantar, merupakan tanggung jawab dari Dinas Pertanian dan Peternakan.

Selain itu, kata dia, sewajarnya warga yang memelihara anjing, harus memberikan suntikan anti rabies, untuk mencegah terjangkitnya penyakit tersebut kepada  manusia maupun hewan peliharaan.

"Misalnya kita punya anjing, tapi kita gak pernah kordinasi ke Dinas Pertanian dan Peternakan, nah ini, makanya pemelihara anjing dan Dinas Pertanian dan Peternakan harus saling berkomunikasi," katanya, Kamis (9/5/2019).

Ia menyebut, Pemko khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan, belum memiliki cara dalam penanganan khsusus  penyakit rabies, di Kota Siantar. Sementara upaya pencegahan penyakit tersebut, butuh perhatian khusus.

Baca juga: Ini Anjuran Dinkes Siantar Soal Rabies

Baca juga: Pencari Talent untuk Film Horas Amang Meninggal Digigit Anjing Kesayangan, Ini Curhatan Teman Almarhum

"Masalah ini kan ada kelalaian Pemko Siantar dalam penanganan rabies. Kemudian, Dinas Pertanian dan Peternakan dan pemelihara anjing tidak saling berkomunikasi. Misalnya ada pemelihara anjing, dia lalai rupanya sudah terkena rabies, jadi Dinas Peternakan tidak tau," terangnya.

Politisi dari Partai Gerindra ini, kembali menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing agar waspada akan penularan penyakit rabies.

Hendri Dunan menyarankan supaya anjing peliharaan warga disuntik dengan anti rabies.

Dalam pencegahan penyakit rabies,  Hendri berharap agar Dinas Pertanian dan Peternakan siaga dalam pencegahan, serta penangan rabies di Kota Siantar.

Penulis: gee. Editor: gun.