HETANEWS

Pdt WTP Simarmata Raih Suara Terbanyak

Ketua Tim Pemenangan, Ir Tumpal Simarmata saat foto bersama.

Medan, hetanews.com - Rekapitulasi suara Pemilu serentak (Pileg dan Pilpres) 2019 di tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), berlangsung sejak Senin (6/5/2019) hingga Kamis (9/5/2019), di Hotel JW Marriott Medan.

Hingga hari ini, Kamis (9/5/2019), Pdt Willem TP (WTP) Simarmata MA, bertengger diposisi tertinggi dari seluruh calon DPD RI, dengan perolehan sementara 571.402 suara dan disusul oleh Dedi Iskandar Batubara dengan perolehan 451.238 suara, M Nuh dengan 323.314 suara dan diikuti Badikenita sebanyak 319.932 suara.

Ketua Tim Pemenangan, Ir Tumpal Simarmata mengatakan, bahwa di sebagian besar Kabupaten dan Kota, Pdt WTP Simarmata memenangi perolehan suara.

“Khususnya di dataran tinggi hingga ke pantai barat, termasuk seluruh pulau Nias yang terdiri dari lima kabupaten, yakni, Nias, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat dan satu kota Gunung Sitoli, semua dimenangkan oleh Pdt Willem TP Simarmata,” ucap Tumpal disaat ikut dalam proses pleno, di Hotel JW Marriott Medan.

Namun, untuk di dataran tinggi, yaitu Kabupaten Karo, dimenangkan oleh Badikenita Sitepu sebagai pemilik basis.

Oleh karenanya, di periode lima tahun ke depan bersama Presiden Jokowi akan mempercepat pelaksanaan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba dan Geopark Toba, sebagai destinasi dunia sangat diharapkan oleh rakyat Batak khususnya dan Indonesia umumnya.

Proses rekapitulasi suara di KPU Sumut masih sedang berlangsung saat ini, dimana masih ada daerah yang belum dibuka kotak suaranya, yakni untuk membaca DB1-DPD, diprediksi suara Pdt WTP Simarmata masih bisa bertambah dan suara calon DPD RI lainnya, Parlindungan Purba serta Badikenita Sitepu.

 “Harapan kita, salah satu dari mereka, Parlindungan Purba serta Badikenita Sitepu, bisa terpilih kembali sebagai petahana sehingga kepentingan-kepentingan warga dan jemaat Kristen/Katolik di daerah Sumatera Utara dapat terakomodir,” pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Piliaman Simarmata, Ketua Tim Pemenangan calon DPD-RI, Pdt WTP Simarmata, wilayah Siantar-Simalungun mengatakan, sebetulnya kemampuan ketiga calon kuat tersebut sangat mumpuni, “apalagi Pdt DR (HC) WTP Simarmata MA, yang merupakan tokoh dunia, sebagai pimpinan umat tak diragukan lagi, dan termasuk kemampuan komunikasi serta relasi sudah cukup,”imbuhnya.

WTP juga sangat cerdas serta karakter nasionalismenya dalam pergaulan rohani dan politik bisa digabungkan, sehingga mencapai hasil terbaik bagi rakyat serta bisa memberi nuansa positif diparlemen nantinya, tambahnya.

“Harapan kita, dengan dibuka kotak DB1-DPD Medan dan Deliserdang, bisa mendongkrak lagi perolehan suara Pdt WTP Simarmata, Badikenita Sitepu atau Parlindungan Purba, sehingga dua jemaat itu bisa berkarya di DPD RI, semoga demikian,” tandas Piliaman.

Penulis: tim. Editor: gun.