HETANEWS

Ajukan Surya jadi Bupati Definitif, DPRD Asahan Lakukan Ini

Sidang paripurna DPRD Asahan yang digelar terkait pengusulan Plt Bupati Asahan, menjadi Bupati Asahan definitive, pada Selasa (7/9/2019) kemarin, di Aula Rambate Rataraya, jalan Ahmad Yani By Pass Kisaran. (foto/ist)

Asahan, hetanews.com - DPRD Kabupaten Asahan menggelar rapat paripurna pengumuman dan pengusulan pengangkatan Wakil Bupati menjadi Bupati Asahan, di Aula Rambate Rata Raya, Kantor DPRD Asahan, Jalan Ahmad Yani By Pass, Kisaran, pada Selasa (7/5/2019), lalu.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Asahan, H Benteng Panjaitan SH, didampingi para Wakil Ketua serta dihadiri Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, Dandim 0208 Asahan, Letkol Sri Marantika Beruh, mewakili Kapolres, mewakili Kajari Asahan, anggota DPRD, OPD dan undangan lainnya.

Syahrul Efendy Tambunan SH, selaku Sekretaris DPRD Asahan, membacakan surat usulan Ketua DPRD Asahan tentang pengangkatan Wakil Bupati menjadi Bupati Asahan.

Dalam surat bernomor 132/244 tersebut, ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri yang isinya mengajukan Wakil Bupati Asahan, periode 2016 -2021 untuk diusulkan sebagai Bupati definitif sampai berakhirnya masa jabatan, pada 2021 mendatang.

"Bersama ini kami sampaikan, bahwa Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP periode 2016 - 2021 yang diangkat berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri No.131.12.776 telah meninggal dunia, tanggal 22 April 2019 sehingga mengakibatkan terjadi kekosongan jabatan Bupati Asahan,"ucapnya.

Lebih lanjut, hal tersebut telah sesuai dengan pasal 173 ayat (4) UU nomor 20 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Sementara itu, Plt. Bupati Asahan, menyampaikan apresiasinya terhadap sikap pro aktif DPRD Asahan yang dengan segera mengadakan rapat paripurna untuk mengusulkan dan mengajukan dirinya sebagai Bupati definitif.

"Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman di DPRD Asahan yang telah pro aktif dalam menjemput aspirasi yang berkembang terkait kekosongan jabatan pimpinan daerah dan semoga kedepan kita tetap dapat bersinergi dalam mewujudkan visi dan misi yang sudah digagas almarhum Taufan Gama Simatupang,"tutupnya mengakhiri.

Penulis: ren. Editor: gun.