HETANEWS

Dua Karyawan CV SS Sukses Diancam 4 Tahun

Terdakwa saat minta hukumannya diringankan di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dua karyawan CV Siantar Simalungun (SS) Sukses, Samuel Surya Pranata Sidabuke  (24), warga jalan Pdt JW Saragih Siantar dan Kristian Ade Simanjuntak (25), warga Siantar Marihat, masing - masing dituntut 4 tahun penjara.

Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa Indri Wirdya SH, di PN Simalungun, Rabu (8/5/2019).        

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mempersalahkan keduanya dengan pasal 374 Jo pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana.

Samuel selaku supir, mendapat upah Rp.2 juta/bulan dan Ade Simanjuntak selaku helper, mendapat upah Rp.1.900.000/bulan dari perusahaan.        

Keduanya terbukti menggelapkan sejumlah barang perusahaan, berupa makanan ringan dan susu produk Nestle, yang mengakibatkan perusahaan  mengalami kerugian hingga 216.000.115. Demikian diungkapkan saksi Srudyanto alias Abun selaku manager CV SS Sukses.       

Perbuatan itu dilakukan para terdakwa, pada Senin, 3 Desember 2018, lalu dan sudah berulangkali. Seharusnya, para terdakwa yang bertanggungjawab mengantar barang dengan truck colt diesel box BK 8388 WL sesuai dengan faktur dan tujuan pemesanan pelanggan.     

Sesuai faktur pesanan pelanggan, barang - barang seharusnya diantar ke Tebing, tapi dijual ke Dolok Ulu, Nagori Purba Sari, Kecamatan Tapian Dolok. Dengan memindahkan sejumlah barang ke angkutan umum atas perintah Bayu (DPO).       

Di hadapan majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution SH MH, kedua terdakwa memohon agar hukumannya diringankan, dengan alasan menyesal. Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, persidangan dibantu panitera, Dedi Tambunan SH, ditunda hingga sepekan.

Penulis: ay. Editor: gun.