HETANEWS

Warga Apresiasi Pembangunan Dam Parit

DAM yang dibangun diapresiasi warga. (Foto:WH)

Sergai, hetanews.com - Dalam mewujudkan ketersediaan pangan dan pencapaian swasembada pangan yang berkelanjutan khususnya tanaman pangan (padi) perlu adanya dukungan prasarana dan sarana pertanian yang memadai. Dinas Pertanian Pemkab Sergai pun konsen untuk memenuhi ketersediaan sarana dan sarana pertanian.

Salah satu bukti konkrit yakni pada tahun 2018 yang lalu telah dibangun Dam Parit untuk menaikkan permukaan air menuju petak-petak sawah yang dilaksanakan secara swakelola oleh pelaksana swakelola, dalam hal ini kelompok P3A TIRTA SEPAKAT Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalifah.

Dengan pola swakelola disamping pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana kelompok tani dalam usaha tani padi, juga mampu menyerap tenaga kerja anggota kelompok P3A TIRTA SEPAKAT sebagai pelaksana swakelola itu sendiri. Kemudian pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Warga Dusun Barisan Panjang Desa Gelam Sei Serimah, Robinson Gultom (60) berucap terima kasih Pemkab atas pembangunan Dam Parit.

Dengan adanya Dam tersebut kami sudah bisa mengelolah lahan persawahan kami tanpa menggunakan mesin pompa air pribadi. Jujur kalau selama ini setiap kami turun sawah mulai dari mengggarap/jetor kami akan menggunakan mesin pompa air pribadi untuk mengairi lahan persawahan kami,tapi sekarang dengan adanya Dam tersebut sudah tidak lagi, jelas modal kami untuk mengolah sampai nanti bercocok tanampun drastis jauh menurun, ujarnya.

Penulis: wh. Editor: bt.