HETANEWS

Youtuber Asal Korea Ini Peluk Agama Islam, Begini Kisahnya

Ujung Oppa (kiri). (Foto/okezone)

Korea, heanews.com - Ujung Oppa merupakan seorang youtubers yang berasal dari Korea, ia pun fasih dalam berbahasa Indonesia. Namun ada beberapa hal yang orang tidak ketahui tentang Ujung Oppa, dalam kesempatan itu pun Raditya Dika mengulik tentang kepribadian darinya.

Seperti yang didalam chanel youtube milik Raditya Dika yang berjudul “Orang Korea Masuk Islam”. Semenjak itupun ia terlihat dalam beberapa acara talkshow dan sharing mualaf. Namun, apa sebenarnya alasan Ujung Oppa yang memilik nama asli Hwang Woo Jong masuk Islam?

Dalam sebuah video di akun YouTubenya, Ujung Oppa mengatakan bahwa kedua orangtuanya memiliki agama Buddha. Ia sering diajak ke kuil oleh kedua orangtuanya. Namun setelah masuk SMA ia memiliki seorang sahabat yang mempunyai kepercayaan Protestan. Sahabatnya sering mengajak dan merayu Ujung Oppa untuk pergi bersama ke gereja selama 5 tahun dan ia pun masuk Protestan. Pertama kalinya ia ke gereja ialah pada saat kelas 3 SMA, ia bercerita itu merupakan sebuah keinginan dari sahabat itu. Setelah itu ia tidak pergi ke gereja lagi dengan berbagai alasan.

Namun pada saat masuk universitas, ia pun sering ke gereja seminggu sekali selama 2 tahun. Sedangkan sang adik tidak menganut agama apa pun. Hal tersebut dikatakannya sebagai hal yang biasa terjadi di Korea.

"Jangan heran ya. Orang Korea 50 persen lebih enggak punya agama. Lebih percaya leluhur dan nenek moyang," kata Ujung Oppa.

Apa yang membuat Ujung Oppa memeluk Islam?

Ujung Oppa pun menceritakan keputusannya untuk menjadi seorang mualaf. Ia mengaku bahwa pengalamannya di Indonesia setelah bolak balik selama 15 tahun, sehingga membuatnya akrab dengan agama Islam, seperti mendengar azan maupun salawat. Ia mengatakan bahwa senang mendengarkan salawat terutama dari Sabyan Gambus.

"Kalau dengar salawat aku merasa tenang, bahagia, enggak tahu alasannya kenapa," kata Ujung Oppa.

Alasan lain dia memutuskan menjadi mualaf adalah pengaruh sahabatnya di Korea yang bernama Muhammad Son. Kala itu, Ujung Oppa meminta bantuan sahabatnya untuk melakukan liputan di masjid yang ada di Korea. Ia mengatakan bahwa ia ingin mengetahui bagaimana kegiatan orang Indonesia di sana.

Awalnya sahabatnya itu menolak ajakannya. Namun, saat kegiatan telah selesai, entah mengapa sahabatnya langsung memutuskan untuk menjadi mualaf setelah mendengar ceramah dari Ustad, pada saat sesi tanya jawab ia dan sahabatnya bertanya kepada Ustad tentang ketertarikannya pada Islam tetapi takut dengan segala larangan-larangan yang ada pada agama Islam. Padahal, di Korea agama Islam masih sangat asing.

Ujung Oppa pun sedikit ragu awalnya untuk memeluk agama Islam dan berpikir sahabatnya itu tidak bisa bertahan lama dengan agama Islam. Dikarenakan dalam persentasi memeluk kepercayaan Islam hanya 0,05% dan itupun jarang yang mengakui.

Keputusan sahabatnya itu tidak mudah setelah masuk Islam, ia dipecat dari kantor karena tidak bisa ikut dalam acara kantor yang mengharuskan untuk mengkonsumsi alkohol serta makanan yang diharamkan. Namun, perubahan baik muncul pada diri sang teman.

"Auranya berubah, aku sering kontak video call, terus liat foto-fotonya dia," kata Ujung Oppa.

Ujung Oppa sendiri mengatakan bahwa dirinya dulu tidak merasakan kebahagiaan meskipun memiliki kondisi finansial yang stabil. Namun, saat meilihat teman-teman yang beragama Islam, ia bisa merasakan kebahagian yang mereka miliki. Hal tersebut akhirnya membuat Ujung Oppa merasa penasaran sehingga memutuskan untuk masuk Islam.

sumber: okezone.com

Editor: bt.