HETANEWS.COM

Polres Siantar Akan Ungkap Kasus Penipuan Via Telepon

Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggug.(Foto/Doc)

Siantar,hetanews.com - Kapolres Kota Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu memastikan untuk kasus penipuan via telepon pihaknya akan tetap menanganinya hingga melakukan penyelidikan sampai tahap pengungkapan.

"Untuk kasus penipuan tetap ditangani, tetapi membutuhkan waktu dalam pengungkapan. Kalu pelakunya di daerah (Siantar), kita bisa cepat tangani, tapi kalau di luar daerah itu butuh proses lagi. Kita harus minta data ke bank dan operator seluler. Jadi, butuh banyak waktu. Bukan kita menyerah, tapi butuh waktu itu harus bersabar. Pasti kita selesaikan,"ujar AKBP Heribertus di sela-sela kunjungan melayat di Jalan Gereja, Kota Pematangsiantar, Senin (6/5/2019) malam.

Kembali dijelaskan, AKBP Heribertus menyampaikan, dalam alur penyelidikan kasus penipuan via telepon, polisi terlebih dahulu memeriksa korban. Lalu, meneliti modus apa yang digunakan pelaku.

"Jika melalui transfer via bank, maka akan dilakukan pengecekan tujuan bank. Kalau transfer ke luar pulau itu butuh waktu lagi, kita harus klarifikasi kepada provider yang menelepon dimana penelpon tersebut. Kemudian, kita klarifikasi lagi transfer uang itu di transfer ke mana,"ujarnya seraya mengatakan tetap menjalin kordinasi dengan polisi di seluruh daerah.

Dikatakan Heribertus kembali, jika pelaki penipuan berhasil mereka langsung mematikan nomor handphone dan buku rekening sehingga tidak terlaak saat penyelidikan.

"Pelaku ini jaringan sindikat. Kadang handphonenya diganti nomor ketika berhasil menipu orang. Karena gampang mendapatkan nomor. Setelah terjadi (transfer) langsung diganti. Kadang juga saat dilacak orangnya tidak jelas dan alamatnya tidak pas,"pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: tom.