HETANEWS

Harga Jual Bawang Putih di Pasar Horas Mengalami Kenaikan

Pedagang Bawang Merah Di Pasar Horas memajang harga dengan nilai yang bervariasi, Senin 6 Mei 2019

Siantar, hetanews.com - Harga bahan pokok di Pasar Horas Jaya, Kota Siantar sedikit mengalami kenaikan. Meski demikian ada beberapa barang harga jualnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Misalnya harga Bawang Putih. Saat ini harga Bawang Putih per kilonya mencapai Rp. 60 Ribu. Padahal dua hari sebelumnya masih di angka Rp.40 per kilo.

"Bawang putih yang mengalami kenaikan. Kalau barang yang lain masih sama, paling naikknya sedikit, gak terlalu banyak," kata Boru Sidabutar, salah seorang pedagang di Pasar Horas, Senin (6/5/2019).

Ia mengatakan kenaikan harga tersebut bersumber dari pemasok barang yang menetapkan harga ke pengecer atau pedagang kecil.

"Bawang putih kan di impor dari China, beda sama Bawang Merah. Kalau itu harganya masih stabil," ungkapnya.

Selain Bawang Putih, harga Cabai Merah yang sebelumnya pernah diangka Rp.32 ribu saat ini naik diangka Rp.44 ribu per kilo. Sedangkan Cabai Hijau diangka Rp.20 per kilo. Menurut boru Sidabutar, kenaikkan Cabai ini dipengaruhi oleh cuaca.

"Bisa jadi karena hujan, kalau musim hujan gak ada petani yang memanennya. Jadi harganya naik. Tapi kalau harga cabe memang biasanya kek gini," ungkap Pedagang yang tinggal di Kelurahan Tomuan ini.

Ditempat yang sama, Pepeng (25) salah seorang pedagang telur mengakui ada kenaikan harga di hari pertama Ibadah Puasa. 

Ia mengatakan, harga 1 butir telur ayam eropa saat ini diangka Rp.1300 sampai Rp.1450. Harga tersebut berdasarkan ukuran telur. Beberapa hari sebelumnya, telur di angka Rp.1200 per butir.

Penulis: gee. Editor: edo.