HETANEWS

DPD NasDem Menduga Ada Pergesaran Suara di TPS

Petugas PPK membawa Kotak Suara saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota, Senin (6/5/2019).

Siantar, hetanews.com - DPD Partai NasDem Kota Siantar, menduga ada pergeseran suara partai yang terjadi di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Mereka kemudian menyampaikan permohonan ke Bawaslu Kota Siantar untuk memberikan foto C1 Plano. TPS yang diduga terjadi pergeseran suara ialah TPS 27 Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara.

Setelah mengetahui dugaan tersebut, DPD NasDem pun menyampaikan permohonan ke Bawaslu Siantar.

"Kami mengetahui adanya dugaan pergeseran suara itu, setelah menerima jumlah suara, sesudah masuk DAA1 dan DA1 dari Kecamatan Siantar Utara," kata Sekretaris DPD Nasdem Siantar, Fernando Sitorus, ditemui di penghitungan rekapitulasi tingkat kota, Senin (6/5/2019).

Fernando Sitorus mencontohkan, pergesaran suara tersebut, misalnya pergesaran suara dari partai A ke Partai B. Mereka pun menyampaikan hal itu ke Bawaslu Siantar, pada Sabtu (4/5/2019) Kemarin.

NasDem menyampaikan permohonan ke Bawaslu Kota Siantar agar menyerahkan foto C1 Plano TPS 27 Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara.

Ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Siantar, Junita Lila Sinaga, membenarkan permohonan yang disampaikan DPD NasDem Kota Siantar.

Terkait foto C1 Plano di TPS 27 Kelurahan Melayu yang dimintakan oleh DPD NasDem, sampai saat ini belum juga diserahkan ke Bawaslu.

"Ternyata khusus C1 Plano TPS 27 Kelurahan Melayu itu tidak ada sampai ke kita. Padahal sudah kita himbau sebelum hari H, supaya itu difoto. Karena itu menjadi acuan bagi kami," katanya.

Dari permohonan DPD NasDem tersebut, kata Junita, pihaknya sudah melakukan klarifikasi ditingkat kecamatan dan kelurahan.

"Kita sudah berkordinasi untuk menyampaikan itu ke Panwascam. Dan Panwascam langsung menghubungi pengawas kelurahan," ucapnya.

Untuk itu, kata Komisioner Bawaslu ini, rekapitulasi penghitungan perolehan suara DPRD Siantar di Kecamatan Siantar Utara yang berlangsung hari ini, akan diketahui keberadaan C1 Plano di TPS tersebut.

"Momennya untuk saat ini kan belum, tapi pada saat pleno ditingkat dua, DPRD Kota nanti, baru mungkin itu mereka sampaikan," ungkapnya.

Penulis: gee. Editor: gun.