HETANEWS

BPS Laporkan Ekonomi RI Kuartal I 2019 Tumbuh 5,07 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2019 sebesar 5,07 persen secara year on year (yoy).

Jakarta, hetanews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2019 sebesar 5,07 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan ini lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu, yang sebesar 5,06 persen yoy.

"Dengan beberapa catatan peristiwa, ekonomi triwulan satu 2019 tumbuh sebesar 5,07 persen. Masih bagus. Lebih bagus dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya 5,06 persen. Lebih baik dari triwulan satu 2018 5,01 persen. Jadi ini jauh lebih bagus dari triwulan tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Meskipun begitu, apabila dibandingkan kuartal IV 2018 (qtq), ekonomi Indonesia masih tumbuh negatif sebesar 0,52 persen. Pada triwulan akhir tahun lalu, ekonomi Indonesia tumbuh 5,18 persen.

Namun, pria yang akrab disapa Kecuk itu mengatakan, pertumbuhan negatif secara qtq merupakan suatu hal yang biasa. Pasalnya, pada kuartal akhir tahun pertumbuhan ekonomi cenderung meroket.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I secara qtq sebesar -0,52 persen. Kalau kita bicara qtq selalu dipengaruhi faktor musiman," katanya.

Suhariyanto optimistis, pada kuartal selanjutnya pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih tinggi. Menurut dia, pada triwulan II 2019 pertumbuhan ekonomi nasional akan ditopang dengan konsumsi rumah tangga.

"Kita harap di triwulan II semakin bagus, karena banyak faktor pendorong. Salah staunya konsumsi rumah tangga, karena adanya Ramadan dan Lebaran," tutur dia.

sumber: innews.com

Editor: sella.