HETANEWS

Meski Meraih 35 Ribu Suara, Ahmad Dhani Tetap Tidak Lolos ke Senayan, Juga Tiga Artis Ternama ini

Kolase foto Ahmad Dhani dan surat Ahmad Dhani untuk Bawaslu agar melakukan penghitungan suara dari nol.

Surabaya, hetanews.com - SCG Research and Consulting memprediksi, Ahmad Dhani, Caleg Partai Gerindra untuk DPR RI Dapil Jatim 1, yang saat ini menjadi terdakwa kasus pencemaran nama baik dan ditahan di Rutan Medaeng, tidak akan lolos ke Senayan.

Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, mengungkapkan, hingga rekapitulasi SCG pada Kamis sore (2/5/2019) untuk mengetahui hasil Pileg 2019, perolehan suara Ahmad Dhani masih berada di kisaran 35 ribu suara.

Perolehan suara itu masih jauh di bawah Caleg Gerindra lainnya, yaitu Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo yang memperoleh suara coblos nama di atas 50 ribu suara.

"Sedangkan Partai Gerindra hanya akan mendapat 1 kursi. Jadi satu kursi milik Gerindra diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Selisih suara keduanya masih cukup tipis,” ujar Didik Prasetiyono, Jumat (3/5/2019).

Selain Ahmad Dhani, pada hasil Pileg 2019 ini, Didik juga memprediksi sejumlah Caleg artis lain yang maju lewat DPR RI Dapil Jatim I juga tidak akan lolos.

Mulai dari Andre Hehanussa (PDIP), Manohara Odelia (Nasdem) dan Sundari Soekotjo (PKB).

Menurut Didik Prasetiyono, peta politik berdasar perolehan kursi di DPR RI Dapil Jatim I tidak banyak pergeseran.

Di mana pemilih sudah secara konsisten dalam dua kali Pemilu (Pemilu 2014 dan 2019) menetapkan Party-Identification sebagai identitas sosial kelompok.

"Hal ini terlihat dari hampir semua kandidat terpilih adalah legislator incumbent dan perolehan partai yang tidak mengalami banyak perubahan dibanding 2014,” jelasnya.

Berikut adalah urutan perolehan kursi DPR RI dari Dapil Jatim I berdasarkan konversi suara dengan metode Sainte Lague, versi SCG Research and Consulting memprediksi:

- Kursi ke-1: PDIP (Puti Guntur Soekarno)
- Kursi ke 2: PKB (Syaikhul Islam)
- Kursi ke-3: Gerindra (Rahmat Muhajirin/Bambang Haryo)
- Kursi ke 4: Golkar (Adies Kadir)
- Kursi ke-5: PDIP (Bambang DH)
- Kursi ke-6: PAN (Sungkono/Sunartoyo)
- Kursi ke-7: PKS (Sigit Sosiantomo)
- Kursi ke-8: PKB (Arzeti Bilbina/Fandi Utomo)
- Kursi ke-9: PDIP (Indah Kurnia)
- Kursi ke-10 akan diperebutkan diantara Partai Demokrat dan Partai Nasdem menunggu rekapitulasi 100% KPU.

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.