HETANEWS

Anies Baswedan Petakan 3 Penyebab Banjir di Jakarta Beserta Solusinya

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Jakarta, hetanews.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengelompokkan tiga jenis banjir di Jakarta berdasarkan penyebabnya. Pertama banjir yang disebabkan oleh hulu sungai. 

Kedua, banjir disebabkan oleh naiknya permukaan air laut yang disebut banjir rob. Terakhir, yaitu banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang sering menimbulkan genangan.

Penanganan ketiga jenis banjir ini berbeda-beda. "Sumber banjir karena air dari hulu solusinya membangun lebih banyak kolam-kolam retensi waduk dam. Sehingga air daru hulu bergerak ke Jakarta secara lebih terkontrol," ujar Anies di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Sementara banjir rob solusinya dengan meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta. Kemudian persoalan banjir karena intensitas hujan solusinya menggunakan vertikal drainase untuk tanah-tanah yang bisa menyerap air dengan baik.

Dia menambahkan, naturalisasi sungai saat ini mampu mengatasi banjir di Jakarta. Naturalisasi tersebut merupakan mengembalikan ekosistem di sungai sehingga fungsi dari sungai tersebut maksimal.

"Sungai-sungai yang sekarang ada itu kita akan bangun tempat di mana ekosistem sungainya dihidupkan kembali. Menghidupkan ekosistem sungai itu supaya airnya jernih, makhluk bisa hidup di sana. Kalau makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah.Itu yang akan kita lakukan," ucapnya.

sumber: inews.com

Editor: sella.