HETANEWS

Berbahaya, PLN Doloksanggul Pasang Kabel SR Tanpa Tiang di Parsingguran

Tampak kabel PLN bercokol di salah satu pohon pinus. (Foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Lagi-lagi, PLN (Perusahaan Listrik Negara)  Rayon Doloksanggul yang berkantor di jalan Siliwangi Ujung, Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), mendapat sorotan.

Kali ini, PLN Doloksanggul menjadi buah bibir  di tengah masyarakat, gegara memasang kabel SR (sambungan rumah) tanpa tiang.

Amatan wartawan hetanews.com, kabel SR itu ditarik dari salah satu tiang listrik yang berada di lokasi Embung Tambok Bolon, Desa Parsingguran II menuju sebuah lokasi perladangan, di Parjagalan. Tak tanggung-tanggung, panjangnya mencapai  1 Km lebih. Kabel tersebut banyak posisinya yang hampir menyentuh tanah. Selebihnya, ada yang dicokolkan di pepohonan dan juga tiang-tiang kayu.

Warga yang mengetahui hal tersebut sangat menyayangkan kelakuan PLN Doloksanggul tersebut. Masyarakat beralasan, hal itu sangat membahayakan lantaran kabelnya bisa dijangkau dan disentuh oleh orang-orang sekalipun anak-anak.

"Terus terang saja, kami jadi was-was. Apalagi lokasinya berdekatan dengan Embung Tambok Bolon. Anak-anak tiap  harinya suka main-main ke sana. Mereka kadang mandi-mandi dan memancing di sana. Nanti kalau mereka menyentuh kabel tersebut pasti akan sangat berbahaya,"ucap seorang warga, Nelson Lumban Gaol (45), kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).

Senada, warga lainnya, Anjon Banjarnahor (34), juga turut menimpali. Selain dianggap sangat berbahaya, Anjon juga menilai kalau pihak PLN Doloksanggul tak pernah terbuka terhadap warga. Hal itu disampaikannya karena dirinya mengaku sudah pernah ingin memasang sambungan listrik ke rumahnya namun tak ada kejelasan sampai saat ini.

Baca juga: Tiang Listrik Berbulan - bulan Tumbang, PLN Doloksanggul Lakukan Pembiaran?

Baca juga: Fantastis, di Humbahas Biaya Pasang Listrik 900 VA Capai Rp1,6 Juta

Baca juga: Biaya Pasang Meteran Mahal, PLN Doloksanggul: Itu Ulah Calo

"Jarak tiang listrik ke rumah saya hanya 300 meter. Dan itu tidak boleh katanya. Harus ada tiang kata petugas PLN. Nah, kenapa ini yang jauhnya 1 km lebih malah bisa dimasukkan,"kesalnya.

Ditambahkannya, ulah PLN tersebut sangat merugikan masyarakat. Sehingga diduga, PLN Doloksanggul nekad 'bermain' saat memasang kabel tanpa tiang tersebut.

"Jangan-jangan mereka ada uang masuk dari sana. Kok nekad kali mereka memasang kabel tanpa tiang,"imbuh Anjon.

Sementara itu, Manager PLN Doloksanggul, Holmes Hutapea, sampai saat ini belum berhasil dimintai tanggapan terkait hal tersebut. Ketika awak media datang ke kantornya, ia juga tak berada di tempat.

Penulis: rachmat. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.