HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Koramil Ngoro Karya Bakti Perbaiki Tanggul Irigasi

Personel Koramil 0815/12 Ngoro Saat Karya Bakti Bersama Poktan

Mojokerto, hetanews.com - Personel Koramil 0815/12 Ngoro bersama Kelompok Tani (Poktan) Tani Sidorejo melaksanakan Karya Bhakti perbaikan dan penguatan tanggul irigasi pertanian di Dusun Sidorejo, Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Rabu (01/05/2018).

Penguatan dan perbaikan tanggul irigasi pertanian sepanjang 4 meter dan lebar 3 meter tersebut sedikitnya melibatkan 40 orang, terdiri dari anggota Koramil 0815/12 Ngoro sebanyak 9 orang, Perangkat Desa dan Anggota Poktan Tani Sidorejo, dipimpin Bati Wanwil Koramil 0815/12 Ngoro Pelda Poniman.

Turut serta dalam kegiatan antara lain Plt. Kades Wonosari, Takrib, SH., Babinsa Wonosari Serka Muhammad Dong, Ketua Poktan Tani Sidorejo, Harnyoto.

Bati Wanwil Koramil 0815/12 Ngoro Pelda Poniman menuturkan, jebolnya tanggul irigasi pertanian ini disebabkan hujan dengan intensitas cukup tinggi dalam beberapa hari ini hingga Selasa (30/04) lalu, sehingga mengakibatkan tergerusnya tanggul sungai yang digunakan untuk irigasi pertanian di Dusun Sidorejo.

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, maka sesuai hasil koordinasi Babinsa dengan Kades dan Ketua Poktan setempat maka dilakukan perbaikan dan penguatan tanggul sehingga diharapkan aliran air tidak terbuang atau meluap ke areal pertanian.

Tampak gabungan anggota Korami, Perangkat Desa dan anggota Poktan bahu membahu melakukan perbaikan tanggul dengan menggunakan tumpukan sak berisi tanah dan batang bambu sebagai pengikat/penahan. 

Terpisah Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Inf Khoiri mengungkapkan, irigasi pertanian memiliki fungsi vital bagi petani yang tergabung dalam Poktan di kawasan Dusun Sidorejo. Agar pasokan air untuk pertanian terpenuhi maka kondisi ini harus segera diatasi salah satunya melalui karya bakti 

“Karya bakti perbaikan tanggul irigasi pertanian merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Melalui karya bakti ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan budaya gotong royong dan memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat,” ungkapnya. 

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.