HETANEWS.COM

Aspirasi Hardiknas Diabaikan, Mahasiswa Menuding Walikota Hanya Seremonial

Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam KBM gelar longmarch pada Hardiknas 2 Mei 2019 di Kota Siantar.

Siantar hetanews.com - Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Siantar diwarnai dengan aksi unjuk rasa dari kalangan Mahasiswa. Namun sayangnya aspirasi mereka diabaikan dan mereka pun menuding Pemko Siantar hanya melakukan seremonial Hardiknas.

Mahasiswa dari beberapa kampus di Kota Siantar, membentuk aliansi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM). Mereka memperingati Hardiknas dengan unjuk rasa damai ke kantor DPRD Siantar dan Dinas Pendidikan Kota Siantar, Kamis (2/5/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. 

"Setelah kami seser ke gedung DPRD, tidak ada orang. Meskipun kosong kami tetap menunggu sembari membawakan teatrikal dan berpuisi. Tapi tak satu pun anggota dewan yang nongol," kata Adrianus yang bertindak sebagai Pimpinan Aksi.

Tidak lama setelah itu, mereka pun bertolak dari gedung DPRD  ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Siantar dengan berjalan kaki. Aksi berjalan kaki (longmarch) ini dikawal oleh petugas kepolisian. 

"Setelah menunggu lama disana, kami pun berjalan kaki ke Kantor Dinas Pendidikan, lagi-lagi tidak ada yang menanggapi aspirasi kami disana," ungkapnya.

Dalam perayaan Hardiknas ini, KBM ingin menyampaikan aspirasi mereka tentang kondisi pendidikan, khususnya di Kota Siantar.

Mereka menilai perayaan Hardiknas oleh Pemko Siantar hanya seremonial, tanpa evaluasi dan gagasan untuk memajukan pendidikan khususnya perguruan tinggi di Kota Siantar.

Unjuk rasa yang digelar Mahasiswa di Kantor DPRD Siantar

"Kami merasa miris, gak ada peduli soal pendidikan di Hardiknas ini, padahal kami sekalian ingin beraudensi kepada mereka tentang pendidikan saat ini. Tiap tahun kegiatan yang dilakukan Pemko hanya seremonial," ujar Monica menambahkan.

Dilain sisi, Pemko Siantar merayakan Hardiknas dengan kegiatan upacara di lapangan H Adam Malik, Kamis Pagi. Saat upacara, Walikota Hefriansyah membacakan amanat Mentri Pendidikan Nasional (Mendiknas).

Pada kesempatan yang sama, Walikota meyerahkan piagam dan piala kepada siswa siswi pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP dan SD tingkat Kota Siantar.

Melalui Kadis Pendidikan Kota Siantar, Walikota juga melantik 13 Kepala Sekolah di tingkat SMP dan SD di Aula Kantor Dinas Pendidikan, di Jalan Merpati, Kamis sore.

Dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Pendidikan,  Eddy Nuah, Walikota mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah/janji kepala sekolah ini tidak terlepas dari tim pertimbangan pengangkatan Kepala Sekolah.

Penulis: Huget. Editor: Edo Sinaga.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!