HETANEWS

Berpacu Hingga Larut Malam, KPU Tanjungbalai Tuntaskan Rekapitulasi Suara

Muhammad Guntur, Komisioner KPU Divisi Teknis saat membacakan rekapitulasi suara. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - KPU Tanjungbalai berhasil melaksanakan rapat pleno terbuka, yaitu rekapitulasi suara Pemilu 2019, di Singgih Hotel, jalan Cokroaminoto. 

Rekapitulasi dimulai sejak Senin dan berakhir Rabu (1/5/2019) dini hari, sekira pukul 02.30 WIB.

Pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kota ini, dihadiri Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai dan Komisioner Bawaslu, Dedi Hendrawan serta mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Tanjungbalai.

Dalam rapat tersebut, pihak KPU hanya membacakan hasil perolehan suara dari tingkat PPK dan kemudian dikomulatifkan untuk tingkat kota.

Hasil dari rapat pleno rekapitulasi tingkat kota ini, berupa berita acara perolehan suara tiap-tiap kecamatan, menjadi perolehan tingkat kabupaten atau plano DB.

"Yang dibacakan KPU Tanjungbalai hanya berupa perolehan suara tingkat kota dan belum sampai pada perolehan kursi sampai penetapan calon, karena menunggu rekapitulasi secara nasional, "ucap Ketua KPU, Luhut Parlinggoman Siahaan, Rabu (1/5/2019).

Hasil rapat pleno kota dari 6 kelurahan dan 539 TPS yang ada di Kota Tanjungbalai ini, yakni jumlah suara sah  sebanyak 90.910, sementara suara tidak sah sebanyak 1.584 suara.

Capres 01 Jokowi-Ma'aruf Amin, memperoleh 25.405 suara (27,93 persen),  sementara  Capres 02  Prabowo-Sandi, memperoleh  65.525 suara (72,06 persen).

Usai pembacaan hasil rekapitulasi yang dibacakan  Muhammad Guntur, Komisioner KPU Divisi Teknis, tidak ada bantahan dari saksi parpol peserta Pemilu.

Selanjutnya secara bersama, melakukan penandatanganan berkas untuk dikirim ke tingkat provinsi.

Penulis: ferry. Editor: gun.

Gunakan tombol di bawah untuk membagikan artikel ini!