HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Senam dan Jalan Santai Warnai Peringatan Hari Buruh Internasional di Pati

Bertempat dihalaman kantor UPTD BLK Kabupaten Pati telah digelar kegiatan senam massal dilanjutkan jalan santai. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2019, Rabu pagi pukul 07.00 WIB. (foto/ist)

Pati, hetanews.com - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional tahun 2019 (May Day Together We Grow) UPTD BLK Kabupaten Pati Jln. Pati - Banyu Urip Km.2 desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Pati, menggelar kegiatan senam massal dan jalan santai yang diikuti lebih kurang 300 orang, Rabu (1/5/19) pagi.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain, penanggung jawab acara Try Hariyama, S.H., M.M., Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Pati, Forkompimda Kabupaten Pati, Wakil Bupati Pati H.Saiful Arifin S.E., Sekda Kabupaten Pati Ir. Suharyono, OPD se Kabupaten Pati, Muspika Margorejo, Perwakilan KSPSI, KASBI, APINDO dan FSPTI se Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pati H. Haryanto S.H., M.M., M.Si., mengucapkan selamat hari buruh internasional dan semoga semakin sejahtera. Dalam rangka hari buruh tidak hanya dengan demonstrasi, tapi juga dengan kegiatan yang positif  dan kreatif.

Pemerintah memastikan tiap tahun upah buruh akan terus naik. Pemerintah juga menyediakan akses perumahan buruh yang terjangkau, akses kesehatan, akses pendidikan, transportasi buruh, akses modal untuk buruh. Banyak perusahaan yang mencari tempat memiliki UMK rendah. Di Kabupaten Pati selama pelaksanaan hari buruh dilaksanakan dengan damai dan kegiatan-kegiatan yang positif.

"Dalam memperingati hari buruh dapat menciptakan kegembiraan buat para buruh sehingga dapat memaknai hari buruh sebagai momentum untuk penyemangat meningkatkan kwalitas kerja," ujar Haryanto.

Ia juga berharap agar pemerintah pusat dapat memberikan kebijakan-kebijakan yang memihak para buruh sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan buruh yang ada diseluruh Indonesia," harapnya.

Wakil ketua DPC KSPSI Kabupaten Pati M. Junaedi di kesempatan yang sama mengucapkan selamat hari buruh internasional 1 Mei 2019 semoga para buruh makin sejahtera. May Day Together We Grow tahun ini tema yang diangkat yakni kesejahteraan buruh dan demokrasi jujur damai. Tuntutan buruh pada 1 Mei 2019 adalah penghapusan Peraturan Pemerintah (PP) No 78/2015, khususnya tentang pengupahan, penghapusan pemagangan dan sistem outsourching yang merugikan buruh, penurunan tarif dasar listrik, perbaikan sistem BPJS Kesehatan dan peningkatan kesejahteraan pengemudi ojek online.

"Saya berharap kepada pemangku kebijakan terutama Bupati bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmmigrasi Kabupaten Pati untuk lebih memantau pelaksanaan terhadap PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pasal outsoursching di Kabupaten Pati," katanya.

Selain itu Djunaedi mengharapkan agar aksi May Day dilakukan dengan tertib, damai, dan tanpa kekerasan serta jangan ada pelanggaran hukum.

Sebagai momen puncak kegiatan peringatan hari buruh internasional kali ini adalah jalan santai dan pembagian Doorprize bagi para peserta.

Penulis: Sertu Suwono. Editor: anto.