HETANEWS

Warga Binaan Lapas Klas IIA Siantar Peringati Isra' Mi'raj, Ini Pesan Kalapas

Penampilan Nasyid warga binaan Lapas Klas IIA Siantar di acara Israj Mi'raj. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Siantar, memperingati Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW, sekaligus penyambutan bulan suci Ramadhan 1440 H, Selasa (30/4/2019), di halaman Lapas.

Peringatan merupakan salah satu sarana ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Dengan sikap tauladan Nabi menjadikan pribadi yang lebih baik. Sesuai Thema " memetik hikmah perjalanan sang Nabi Sholat sebagai modal utama untuk menjadi presiden baru yang lebih baik", ujar  Kalapas, Porman Siregar Amd iP SH MH, dalam sambutannya.

Baru 6 bulan memimpin Lapas Klas IIA Siantar, sudah banyak perubahan yang lebih baik. Dari mulai rehab di sejumlah kantor, sarana dan prasarana juga lebih baik. Khususnya untuk melaksanakan ibadah. Mesjid sudah dipugar dan jadi lebih besar, begitu juga untuk yang beragama Kristen melaksanakan ibadah setiap minggunya, katanya.

Porman berharap, warga binaan memperbanyak amal ibadah, selama menghuni Lapas agar menjadi pribadi yang lebih baik. "Secara tegas saya sampaikan, siapa pun yang  melanggar aturan akan dicabut CB, PB dan remisi lainnya,"ungkapnya.

Karena sebagai Kalapas sendiri, dirinya tidak pernah membawa ponsel ke dalam. Jadi kepada petugas dan napi juga jangan melanggar peraturan yang sudah ada.  Jika tertangkap narkoba akan langsung diserahkan ke polisi. Tidak ada yang ditutupi di dalam ini, semua berupaya memperbaiki diri, tegasnya.

Dalam kesempatan itu, semua warga binaan mengaku merasa nyaman, sejak dipimpin Porman Siregar. "Nyaman,"kata warga binaan serentak saat Kalapas, bertanya kenyamanannya di Lapas.

Kalapas juga sering melaksanakan sholat berjamaah bersama warga binaan dan pengajian yang digelar di Lapas. Jadi sebagai pemimpin, kita tidak hanya bicara tapi berbuat, ujarnya.

Tausyiah yang disampaikan Al Ustad Ramadhan Ariga SHi, pada intinya mengajak ummat khususnya warga binaan untuk mempedomani dan meniru akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT dan menjalankan ibadah puasa dengan baik. Ramdhan bulan suci penuh ampunan.

Sebelumnya, pembacaan ayat suci Al Quran, hiburan nasyid dan rebana oleh warga binaan. Turut memberikan kata sambutan, mewakili Wali Kota, Asisten II, Zainal Siahaan.

Penulis: ay. Editor: gun.