HETANEWS

Kapolda Malut Copot Kabagops Polres Halsel Terkait Protes Anggota

Kapolda Malut Brigjen Suroto

Maluku, hetanews.com-Kapolda Maluku Utara (Malut) Brigjen Suroto mencopot Kabagops Polres Halmahera Selatan (Halsel) AKP Roy B Simangunsong. Hal itu menyusul aksi demo anggota POlres Halsel menuntut transparansi dana pengamanan Pemilu 2019.

"Kapolda telah mengeluarkan surat pencopotan terhadap Kabag Ops Polres Halsel dan akan ditarik ke polda Malut," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar, Senin (30/4).

Dia menjelaskan, jabatan Kabag Ops Polres Halsel tersebut diterbitkan sesuai surat telegram rahasia (STR) yang dikeluarkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Brigjen (Pol) Suroto sesuai dengan STR Nomor: ST-946/1V/KEP/2019/ROSDM tertanggal 29 April 2019.

AKP Roy akan digantikan AKP Stevanus Robin Pattuju yang sebelumnya menjabat Danki Dalmas Ditsamabta Polda Malut.

Bahkan, aksi protes ratusan personel Polres Halsel pada 29 April lalu, Polda Malut menerjunkan tim investigasi yang dipimpin Wakapolda Malut dan Kabid Propam, Kapolda juga telah bertolak ke Halsel untuk mengecek situasi dan kondisi Halsel saat ini telah berangsur normal.

"Kapolda Brigjen Pol Suroto telah berada di Kabupaten Halsel melihat secara dekat aktivitas pelayanan masyarakat dan pengamanan penghitungan suara Pemilu 2019 di Halsel dan menjamin seluruh tahapan pemilu 2019 tetap berjalan aman," katanya

Selain itu, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Halmahera Selatan, Kapolda Malut akan memberikan arahan langsung kepada seluruh anggota yang ada di Polres setempat.

Sebelumnya, Tim Investigasi Polda Malut yang dipimpin langsung Wakapolda Kombes Lukas Akbar Abriari, S.IK, MH didampingi Direskrimsus, Karo Ops dan Kabid Propam, langsung memberikan arahan singkat kepada ratusan anggota Polres Halsel di halaman Mapolres.

Wakapolda Lukas Akbar Abriari telah menginstruksikan seluruh anggotanya di Polres Halsel tidak lagi melakukan aksi demo, karena apa yang dilakukan telah viral seantero tanah air dan semua keluhan telah disampaikan untuk pengambilan keputusan di tingkat pimpinan. Seperti diberitakan Antara. 

sumebr: suara.com

Editor: sella.