HETANEWS

Pemerintah Genjot Kualitas SDM Kembangkan Nilai Tambah Industri Tanah Air

Ilustrasi pekerja pabrik.

Jakarta, hetanews.com - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan fokuskan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (Rakorbangpus) 2019. Sumber daya manusia dinilai merupakan aspek penting dalam perencanaan dan pembangunan nasional.

"Output ekonomi dihasilkan dari 2 hal, yaitu capital (modal) dan labour (sumber daya manusia)," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro di Gedung Bappenas, Jakarta, (30/4).

Rakorbangpus Bappenas kali ini fokus pada peningkatan kualitas SDM, karena menurut Menteri Bambang, kualitas SDM mempengaruhi tingkat pengangguran. Semakin berkualitas SDM, maka semakin kecil pula angka pengangguran. Dengan begitu, angka kemiskinan akan turun juga.

Sebagai informasi, angka pengangguran Indonesia sudah turun 5,34 persen tahun lalu. Meski begitu, masih ada 7 juta angkatan kerja yang harus diusahakan penyerapan kerjanya. Oleh karenanya, berbagai upaya pelatihan dan vokasi pun harus dilakukan.

Selain itu, Menteri Bambang menambahkan, arah ekonomi makro 2020 ialah meningkatkan pertumbuhan potensial. Untuk mendukung hal tersebut, SDM yang kompeten tentu diperlukan.

"Kita bertahap harus sudah fokus dengan industri nilai tambah, apakah itu hilirisasi pertambangan, modernisasi pertanian, transformasi sektor jasa dari tradisional ke modern. Untuk mendukung hal itu, kita harus perkuat permintaan domestik, mendorong investasi dan meningkatkan SDM tentunya," ujarnya.

sumebr: suara.com

Editor: sella.