HETANEWS

Calon Badan Pengawas Perusahaan Daerah Terdiri dari Unsur PNS

Tes psikologi calon Badan Pengawas Perusahaan Daerah (PD) Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dan Pembangunan Aneka Usaha (PDPAUS) Selasa (30/4/2019).

Siantar hetanews.com- Calon Badan Pengawas Perusahaan Daerah (PD) Pasar Horas Jaya (PDPHJ) dan Pembangunan Aneka Usaha (PDPAUS) periode 2019-2022 diikuti 19 calon dari kalangan PNS dan Non PNS.

Penjaringan calon Badan Pengawas kali berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana saat ini ada pejabat teras Pemko Siantar yang berstatus PNS, ikut mencalonkan sebagai Badan Pengawas.

Mengenai keikut sertaan PNS dalam penjaringan calon Badan Pengawas, Kabag Hukum Pemko Siantar, Herry Oktarizal, menjelaskan bahwa Badan Pengawas perusahaan daerah terdiri dari dua unsur.

Selain itu, kata Herry menjelaskan, dalam Permendagi  No 37 Tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota dewan pengawas atau Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah,

tidak mengatur persyaratan calon Badan Pengawas perusahaan daerah dari kalangan PNS maupun non PNS. 

"Badan Pengawas unsurnya ada 2. PNS dan Non PNS. Jadi kalau yang PNS yang mencalonkan Badan Pengawas, itu harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Kemudiam nanti akan dilihat bagaimana hasil seleksinya," kata Herry Oktarizal ditemui di koridor Balaikota Siantar, Selasa (30/4/2019).

Masih kata Herry, kewenangan Walikota Siantar untuk menghunjuk pejabat di teras pemko Siantar untuk menduduki jabatan sebagai Badan Pengawas juga perlu dicermati.

Dimana ketika Sekretaris Daerah yang sebelumnya, pernah dihunjuk oleh Walikota Siantar untuk menduduki posisi Ketua Badan Pengawas PDPHJ periode sebelumnya. 

"Walikota langsung menghunjuk itu merupakan kewenangannya. Itu merupakan kewenangan walikota dan hari ini (seleksi calon Badan Pengawas)  juga merupakan kewenangan Walikota," kata Herry.

Herry menambahkan, dalam regulasi Permendagri No 37 Tahun 2018 tersebut, komposisi Badan Pengawas untuk satu perusahaan daerah paling sedikit 1 orang. 

"Kalau di perusahaan daerah berbeda beda. Dulu, kalau di PDPHJ satu PNS dua Non PNS. Di PDPAUS dua  PNS satu Non PNS. Yang berbeda itu sekarang di PDAM," katanya menambahkan.

Di hari yamg sama, panitia Seleksi (Pansel) Calon Badan Pengawas perusahaan daerah menyelenggarakan tes psikologi  kepada 19 peserta di Balai Kota Siantar.

Baca juga: Calon Pengawas Perusahaan Daerah Akan Tes Psikologi

Penulis: gee. Editor: edo.