HETANEWS

Tak Lapor LPPDK, KPUD Asahan akan Batalkan Caleg Terpilih

Komisioner KPUD Asahan Divisi Hukum, Ali Sofyan Hasibuan saat ditemui, di ruangannya, Senin (29/4/2019). (Foto/Ren)

Asahan, hetanews.com - Seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, di Kabupaten Asahan, hingga Senin (29/4/2019), belum ada satu pun yang menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Komisioner KPUD Asahan Divisi Hukum, Ali Sofyan Hasibuan, mengatakan, LPPDK ini merupakan suatu kewajiban yang harus diperhatikan oleh setiap parpol serta harus diserahkan paling lambat, 15 hari pasca-pemungutan suara.

"Sampai saat ini belum ada. Tapi tadi sudah ada dua parpol, Gerindra dan Hanura yang datang untuk menyerahkan LPPDK, namun setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata belum lengkap," kata Ali Sofyan, Senin (29/4/2019).

Selain itu, Ali Sofyan menghimbau kepada seluruh parpol yang mendaftarkan calegnya untuk berkompetisi di Pileg 2019, dengan memperebutkan 45 kursi DPRD Asahan, supaya menyerahkan berkas LPPDK ke kantor KPUD Asahan, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran paling lama Rabu (1/5/2019) mendatang, pukul 18.00 WIB.

"Kami sudah menyurati langsung ke seluruh parpol peserta pemilu agar melaporkan LPPDK sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan," sebutnya.

Bila hal itu tak diindahkan, maka KPUD Asahan memastikan akan ada sanksi tegas yang akan diberikan kepada para caleg yang diusung setiap parpol.

"Jika tidak diserahkan, maka KPU akan melakukan pembatalan terhadap caleg terpilih," tegasnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.