Siantar, hetanews.com - Menyambut perayaan Hari Buruh (May Day) yang diperingati tiap tanggal 1 Mei, Dinas Tenaga Kerja Kota Siantar menerima kunjungan dari serikat buruh di Kota Siantar.

Hal itu disampaikan oleh Kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Siantar, Lukas Barus melalui bawahanya, Jans Damanik, usai melakukan pertemuan dengan perwakilan serikat buruh di Siantar, Senin (29/1/2019), siang.

"Tugas kita hanya mendampingi, mereka (serikat buruh) datang ke mari, kita dari Dinas Tenaga kerja hanya mendampingi," kata Kata Jan's Damanik.

Ia mengatakan, untuk saat ini serikat buruh yang datang menyampaikan kegiatan May Day ke Dinas Tenaga Kerja adalah Konfederasi SBSI Siantar-Simalungun yang berkantor di Jalan Ahmad Yani, Kota Siantar.

"Mereka menyampaikan kepada kami, tidak ada lagi aksi unjuk rasa atau demo. Mereka hanya melakukan kegiatan bersama, sebatas silahturahmi pada May Day nanti," katanya. 

Ia menambahkan, perayaan May Day tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana serikat buruh di Siantar sudah tidak berunjuk rasa lagi.

Dihubungi terpisah, Ketua Serikat Buruh Solidaritas Indonesia (SBSI), Ramlan Sinaga, mengatakan hal yang sama. Dalam perayaan May Day tahun ini pihaknya hanya melakukan perayaan tersendiri, khusus bagi anggota SBSI. 

Ramlan juga mengatakan bahwa kegiatan May Day yang diselenggarakan pihaknya tidak bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja.

"Kalau kita belum ada (kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja), mungkin itu serikat Buruh yang lain. Kita tetap merayakan hari buruh, tapi tersendiri sifatnya, gak kek dulu ada demo," ungkapnya.