HETANEWS.COM

HUT Siantar Apakah Sekedar Rutinitas Saja Atau Promosi Daerah?

Sampai sore ini kondisi Lapangan H Adam Malik masih sepi dari masyarakat, padahal malam ini, Sabtu (27/04/2019) merupakan puncak perayaan HUT Kota Siantar ke-148.(Foto/Hza)

Siantar, hetanews.com - Kegiatan hal yang biasa ketika Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Siantar yang jatuh pada tanggal 24 April diawali dengan Sidang Paripurna dan melakukan acara Jorat (Jiarah) ke makam Radja Sangnaualuh di Pematang, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan, yang kemudian diakhiri dengan pesta rakyat.

Ditahun-tahun sebelumnya HUT Kota Siantar dalam pesta rakyat berlangsung cukup meriah bahkan berlangsung dari beberapa hari sebelumnya,namun ditahun ini banyak pandangan masyarakat yang mengatakan HUT Siantar kurang bergaung, mungkin benar apa kata Plt Kadis Pariwisata Kota Siantar Kusdianto, Gaung kegiatan HUT dikalahkan dengan hiruk pikuk Pemilu 2019.

"Bisa saja pengaruh Pilpres sehingga kegiatan yang kami gelar kurang nampak gaungnya," katanya ketika dikomfirmasi via pesan WhatsApp (WA), Sabtu (27/04/2019).

Ditanya apa saja kegiatan yang dilakukan, kata Kusdianti mereka sudah melakukan kegiatan sebulan sekali yang lalu.

"Kami dari Dinas Pariwisata sudah melakukan promosi dengan tarian budaya di Lapangan Parkir Pariwisata sebulan sekali sebanyak 3 kali, plus nanti malam, itulah yang mampu kami lakukan sesuai tupoksi kami," sebutnya.

Terpisah salah seorang pengamat Rocky Marbun, menyebutkan seharusnya moment hari jadi merupakan moment yang tepat bagi pemerintah kota untuk menampilkan dan menunjukkan Budaya dan kreatifitas lokal.

"Disinilah seharusnya kesempatan bagi Pemerintah Kota untuk menampilkan apa saja yang dipunya Kotanya, seperti Kreatifiras masyarakatnya atau muda-mudinya, bahkan budaya lokal,"ucapnya.

Selain itu kata Rocky, Pemerintah Kota juga harusnya menampilkan apa saja prestasi yang sudah dilakukan pemerintah dalam mengembangkan Kota Siantar.

"Selain seremonial harusnya disini juga Pemko menunjukkan apa-apa saja prestasi yang mereka lakukan selama tahun-tahun sebelumnya, biar masyarakat juga tahu," katanya.

Sehingga Rocky menyebutkan kegiatan HUT tersebut tidak hanya sebagai rutinitas setiap tahun yang selalu digelar.

"Dari apa yang ditampilkan harusnya juga bisa meningkatkan pendapatan baik kepada daerah maupun kepada masyarakat, jangan hanya seputar rutinitas saja," katanya.

Penulis: tim. Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Komentar 1
  • Edi Damanik
    HUT Ke-148 Kodya. Pematang Siantar tanpa rasa kearifan lokal, budaya Simalungun serasa nothing, preseden buruk bagi twnah moyang

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan